Sumarak Silek Kamang Mudiak Diresmikan

Berita Utama Drs. AKRAL, MM(Diskominfo) 27 Maret 2017 14:09:36 WIB


Sumarak Silek Kamang Mudiak dan Dikukuhkan gelar Tuan Gadang Pandeka Rajo di Sasaran Silek Nagari Kamang

Kami sebagai Niniak Mamak di Ranah Minang sangat mendorong untuk lestari dan berkembangnya budaya Minangkabau. Acara Sumarak Silek Kamang Mudiak ini sangat saya apresiasi, karena bagian dari upaya melestarikan silek di Ranah Minang, yang sangat dikenal di dunia persilatan dengan aneka jenis silek legendarisnya. Upaya pelestarian ini perlu digalakkan oleh para tetua silek di berbagai sasaran. Salah satu yang saya sudah dengar adalah acara ini, Sumarak Silek Kamang Mudiak dan agenda Minangkabau Silek Retreat yang akan diadakan Agustus mendatang sebagai ajang silaturrahim para pesilek Minang.

Sasaran yang hadir dalam semarak silek ini adalah sasaran silek Ulak Cimano, sasaran silek Tuanku Nan Renceh dan sasaran Silek Harimau Putiah Tuanku Nan renceh. Acara ini juga diadakan dalam rangka mengenang perjuangan pahlawan Paderi, Tuanku Nan Renceh dan pahlawan perang kemerdekaan dari Kamang, H. Abdul Manan dan Syekh H. Jabang.



Pada acara ini, saya juga dikukuhkan gelar sebagai Tuan Gadang Pandeka Rajo di Sasaran Silek Nagari Kamang

Saya, baik sebagai Niniak Mamak maupun sebagai Gubernur, sangat mendukung upaya-upaya pelestarian budaya Minangkabau oleh anak kemenakan dan masyarakat semuanya. Karena dengan penguatan dan pelestarian itulah, kita mampu memberikan filter pada infiltrasi budaya luar yang negatif.