Kondisi Perumahan Provinsi Sumatera Barat

Infrastruktur () 30 Juli 2013 04:30:28 WIB


Luas Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Barat

 

Kawasan permukiman merupakan salah satu jenis penggunaan lahan di Provinsi Sumatera barat yang menjadi pusat kegiatan masyarakat sebagai tempat beraktivitas dan sebagai tempat tinggal.Persebaran kawasan permukiman di Provinsi Sumatera Barat sangat dipengaruhi oleh kondisi topografi wilayah.Kondisi wilayah yang bergunung dan berbukit menjadikan persebaran kawasan permukiman di Provinsi Sumatera Barat mempunyai kecendernungan mengelompok.

 

Kawasan permukiman terbesar di Provinsi Sumatera Barat adalah Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pesisir selatan yaitu 9,689.40 Ha dan 8,915.38 Ha. Adapun luas kawasan permukiman di Provinsi Sumatera Barat adalah sebagai berikut:

 

 

 

Berdasarkan prosentasi luas permukiman dengan luas wilayah masing–masing kabupaten/ kota di Provinsi Sumatera Barat maka dapat diketahui bahwa persebaran kawasan permukiman terbesar yaitu terdapat pada kawasan perkotaan terutama di Kota Bukittinggi 50.92% dari luas total wilayah Kota Bukittinggi dan Kota Bukittinggi yaitu . 24.60 % dari luas total wilayah Kota Payakumbuh.

 

 

 

Jumlah Rumah Provinsi Sumatera Barat

 

Rumah merupakan kebutuhan dasar manusia yang penting untuk dipenuhi, karena rumah bagi masyarakat merupakan tempat untuk mendapatkan pendidikan, bersosialisasi dan

mendapatkan perlindungan dari cuaca, iklim dan lainnya.Di Provinsi Sumatera Barat terdapat 1,056,544 unit rumah yang tersebar di seluruh wilayah baik kabupaten maupun Kota.Jumlah rumah terbesar terdapat di Kota Padang sebagai pusat kegiatan di Provinsi Sumatera Barat mencapai 175,409 unit rumah.Jumlah rumah terbesar kedua dan ketiga adalah Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Pesisir Selatan mencapai 108,960 unit rumah dan 105,997 unit rumah. Sedangkan jumlah rumah terkecil adalah Kota Solok dan Kota Padang Panjang yaitu 9,622 unit rumah dan 10,851 unit rumah.

 

 

 

Jumlah Rumah di Provinsi Sumatera Barat

 

Sumber : Sumatera Barat Dalam Angka Tahun 2011