Pertengahan 2017, Kesbangpol Sumbar telah laksanakan sejumlah kegiatan strategis

Kegiatan Strategis TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 19 Mei 2017 10:56:59 WIB


Pada triwulan II, sesuai dengan program dan kegiatan yang telah dirancang, Badan Kesbangpol Sumbar telah melaksanakan sejumlah kegiatan strategis sebagai upaya mendukung stabilitas keamanan lingkungan.

Dalam upaya pengurangan dan pencegahan konflik sosial di Sumbar, Badan Kesbangpol Sumbar bersama instansi terkait telah melakukan monitoring masalah strategis daerah, pemantauan orang asing, pengawasan penerbitan rekomendasi penelitian di daerah, pengawasan dan pencegahan isu teror serta optimalisasi tim terpadu penanganan konflik sosial, berupa pemantauan langsung ke kab kota maupun melalui rapat rapat terpadu bersama jajaran Kominda Sumbar.

 Upaya upaya penguatan karakter bangsa dan pemantapan wawasan kebangsaan juga dilakukan. Salah satunya melalui penguatan forum pembauran kebangsaan bagi paguyuban/etnis yang ada di Sumbar, serta pembinaan program kerja bidang ideologi dan wawasan kebangsaan ke kab/kota.

Dalam rangka menyikapi dinamika kelembagaan kesbangpol yang hingga saat ini masih berpedoman pada pasal 122 tentang Ketentuan Peralihan dalam PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, Badan kesbangpol Sumbar menindaklanjutinya dengan menyelenggarakan Sosialisasi dan Sinkronisasi Kelembagaan yang mengundang jajaran kesbangpol kab/kota, guna mendorong pemerintah pusat dan berpartisipasi aktif dalam upaya percepatan vertikalisasi lembaga kesbangpol daerah, sesuai amanat UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Dialog politik bersama parpol, ormas dan tokoh masyarakat juga telah dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan umum khususnya pemilukada tahun 2018 mendatang.

Juni mendatang, sebagai upaya mendukung pencegahan dan peredaran gelap narkoba, Badan Kesbangpol Sumbar akan memfasilitasi peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), salah satunya melalui pelaksanaan upacara bersama jajaran terkait.