Wirid Pengajian Pegawai Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat Hari Jum'at Tanggal 16 Agustus 2013 (2)

Berita Utama () 16 Agustus 2013 03:36:52 WIB


Wirid Pengajian pegawai Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat pada hari jum'at tanggal 16 Agustus 2013 diikuti oleh Kabid,Sekretaris,Kasi dan pegawai beserta jemaah mushalla babussalam yang tinggal di sekitar komplek perkantoran Dinas Perkebunan. Adapun yang menyapaikan pengajian adalah Ustad Asrul, S.AG Malin Batush. Judul pengajian yang beliau sampaikan adalah Sudah berhasilkah Puasa Kita. Judul tersebut dilandasi dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Ali-Imran ayat 133 dan 134 yang artinya sebagai berikut : " Dan bersgeralah kamu kepada ampunan dari Tuhan-mu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan, Dan (juga) orang-orang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri mereka ingat kepada Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapalagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.

Ustad menyampiikan bahwa Allah membagi tingkatan prilaku manusia dalam Al-Qur'an menjadi lima tingkatan dan tingkatan yang paling tinggi adalah muttaqin yaitu orang-orang yang bertakwa. Tingkatan itu adalah :

1. Mukminin yaitu orang yang beriman, mereka percaya dengan rukun iman tapi baru sekedar percaya namun belum melaksanakan dengan perbuatan.

2. Muslimin yaitu orang yang islam, mereka menjalankan syariat agama islam

3. Muhsinin yaitu orang yang berbuat baik, ia percaya dan menganut agama islam dan perbuatannya mengamalkan segala ajaran yang tertuang dalam hukum islam yaitu Al-Qur'an dan Sunnah. gemar melakukan kebaikan.

4. Mukhlisin yaitu orang yang ikhlas, ia berbuat semata-mata ikhlas karena Allah SWT, berbuat sepenuh hati dan memberikan yang terbaik terhadap apa yang dilakukan.

5. Muttaqin yaitu orang yang bertakwa, ia beribadah dengan tujuan membentuk pribadi orang takwa.

Maka ciri orang yang bertakwa itu adalah seperti yang digambarkan Allah SWT dalam surat Ali Imran tersebut diatas yaitu :

1. Orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah baik waktu lapang maupun sempit. mereka menyisihkan sebahagian hartanya untuk dibelanjakan dijalan Allah baik dengan mengeluarkan zakat maupun infak,sedekah,wakaf membantu fakir miskin dan anak yatim serta keperluan sosial lainnya.

2. Orang yang mampu menahan amarah. mereka ketika bisa marah namun ia bisa mengendalikannya untuk tidak jadi marah, tidak mudah marah.

3. Orang yang memaafkan keasalahan orang lain, mereka membuka hati untuk memaafkan kesalahan orang lain dan tidak menunggu-nunggu orang lain untuk minta maaf tapi ia dulu yang minta maaf walaupun ia tidak membuat kesalahan.maka orang yang dulu minta maaf itulah paling baik kata nabi kita Rasulullah Muhammad SAW.

4. Orang yang bila terlanjur berbuat salah ia segera insyaf dan langsung istigfar mohon ampun kepada Allah SWT dan tidak melanjutkan perbuatan yang salah tersebut serta segerta diganti dengan melakukan perbuatan yang baik.

Maka bila empat sifat ini telah kita miliki baru dapat dikatakan puasa kita berhasil. Oleh sebab itu setelah 1 bulan kita dilatih menjadi orang bertakwa maka 11 bulan yang akan kita lalui juga hendaknya tetap seperti 1 bulan yang telah kita lalui dengan melanjutkan pesan-pesan baik bulan tersebut seperti gemar beribadah dan mengerjakan amal sholeh.