Nagari Limo Kasum Juara Harapan I Nasional

Berita Utama () 20 Agustus 2013 13:22:40 WIB


Jakarta Nagari Lima kaum Kec.Lima Kauma Kab.Tanah Datar berhasil meraih Juara Haran I Nasional Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2013.

Selain Limo Kaum terdapat lima Desa lainnya dan enam Kelurahan meraih penghargaan dari Pemerintah yang Piagam dan Piala Penghargaan kepada para pemenang diserahkan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi di Jakartahari Jum’at tanggal 16 Agustus 2013 malam. Perlombaan ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat perkembangan masyarakat, mendorong, penguatan peran lembaga pemerintahan dan kemasyarakatan, member Penghargaan dan Apresiasi kepada masyarakat Desa dan Kelurahan atas prestasi yang telah diraih dalam proses-proses berpemerintahan, partisipasi dalam pembangunan serta inovasi yang dilakukan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, kata Mendagri Gamawan Fauzi usai menyerahkan Hadiah dalam Acara Temu Karya Nasional Perlombaan Desa dan Perlombaan Kelurahan tahun 2013itu.

Keenam Desa yang meraih Penghargaan tersebut : Juara I diraih Desa Pilang RejoKab.Demak Jawa Tengah, Juara II Desa Kampung Kauhis Kab.Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Juara III Desa Ungasan Kab.Bandung, Jawa Barat, Juara Harapan I Nagari Limo Kaum Juara Harapan II Desa Kemadang Gunung Kidul Yogjakarta, dan Harapan III Desa Datah, Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

Untuk tingkat Kelurahan keluar sebagai Juara I Kel. Pandeyan Yogjakarta, Juara IIKel.Naikoten Kota Kupang , Juara III Kel. Manggar Baru Kota Balik Papan Kaltim, Sedangkan Juara Harapan I diraih Kel. Rejo Mulyo Kota Kediri Jawa Timur, Harapan II Kel. Jabres Kota Surakarta, Jawa Tengah, Harapan III Kel.Sumber Jaya Kab.Pematang Siantar Sumut.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri Tarmizi A Karim mengatakan ada sejumlah indikatoryang dinilai yakni tingkat pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi, keamanan dan ketertiban.

Kemudian partisipasi, pemerintahan, kelembagaan dan PKK, keberhasilan pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat, inisiatif,dan kreatifitas daerah dalam pemberdayaan masyarakat , tingkat kepatuhan terhadap kebijakan penyelenggaraan pemerintah serta kinerja Camat,Kepala Desa/Lurah dan perangkapnya dalam pemberdayaan masyarakat.

Para Pemenang untuk Kategori Desa dan Kelurahan masing-masing memperoleh Piagam Penghargaan dan Piala Adkarya Bhakti Praja , Piala Bhakti Praja Madya, Piala Karya Bhakti Praja Muda dan Piala Bhakti Praja Utama , Madya dan Muda, untuk masing-masing Pemenang secara berjenjang   mulai dari Juara I sampai Harapan III.