Optimalisasi peran Kesbangpol di daerah, Dirjen Polpum berkoodinasi dengan jajaran kesbangpol Sumbar

Kinerja TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 12 Juni 2017 08:34:04 WIB


Dipimpin oleh Sudarmo, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Februari lalu telah dilangsungkan rapat koordinasi antara Ditjen Politik dan Pum Kemendagri dengan Kepala Badan/Kantor Kesbangpol Provinsi dan Kab/Kota se- Sumbar.

Dalam pertemuan tersebut disampaikan beberapa isu diantaranya perkembangan situasi dan kondisi politik pasca pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah di Sumbar. Dalam rakor tersebut juga dibahas dinamika kelembagaan serta pelaksanaan tugas tugas kesbangpol didaerah.

Pada kesempatan tersebut, Dirjan Politik dan Pum menyampaikan beberapa hal diantaranya :

  • sambil menunggu kebijakan lebih lanjut terkait status kelembagaan kesbangpol, diharapkan kepala kesbangpol didaerah dapat terus memberikan informasi kepada kepala daerah terkait pentingnya kelembagaan kesbangpol.
  • mengingat pentingnya tugas tugas dan peran kelembagaan kesbangpol tersebut, Dirjen Politik dan Pum mengharapkan kepala daerah dapat memprioritaskan serta melakukan kelembagaan kesbangpol daerah.
  • Diperlukan pertemuan intensif antara Gubernur, Bupati/Walikota dalam rangka membahas keberadaan dan keseragaman kelembagaan kesbangpol daerah dengan menghadirkan Dirjen Politik dan Pum dalam rangka memberikan pemahaman kepada kepala daerah tentang pentingnya kelembagaan kesbangpol.
  • Seluruh jajaran kesbangpol se- Sumbar agar terus memberikan kontribusi positif dalam membantu tugas tugas kepala daerag sesuai tupoksinya.