Posyandu Beringin Sakti Masuk Nominasi Kader Posyandu Berprestasi

Berita Utama Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 06 Juli 2017 14:46:26 WIB


Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. A.A. Gde Muninjaya (2002:169) mengatakan : ”Pelayanan kesehatan terpadu (yandu) adalah suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja Puskesmas. Tempat pelaksanaan pelayanan program terpadu di balai dusun, balai kelurahan, RW, dan sebagainya disebut dengan Pos pelayanan terpadu (Posyandu)”. Konsep Posyandu berkaitan erat dengan keterpaduan. Keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek dana dan lain sebagainya. (Departemen kesehatan, 1987:10).

Kabupaten Sijunjung terpilih men­jadi salah satu nominator Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Pro­vinsi Sumatera Barat Tahun 2017. Tim penilai Pro­vinsi didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Sijunjung, baru-baru ini, mengunjungi kader Posyandu Limo Koto.

Penilaian la­pangan kader posyandu ber­pres­tasi tingkat Provinsi Sumatera Barat merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan Temu Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017 yang telah dilaksanakan pada tanggal 2 s/d 3 Mei 2017 di Aula Diklat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Jalan Pramuka No. 13 Khatib Sulaiman, Padang.

Tujuan penilaian lapangan untuk melihat sinkronisasi ekspose yang telah disampaikan oleh kader utusan Kabupaten Sijunjung yaitu oleh Marta Fela Sy yang merupakan kader posyandu BERINGIN SAKTI Nagari Limo Koto Kecamatan Koto VII adalah nominasi 1 dari 6 Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Pro­vinsi Sumatera Barat Tahun 2017 kategori Kabupaten.

Ke­giatan ini bukanlah bertujuan semata-mata untuk melakukan penilaian saja akan tetapi juga sebagai bagian dari upaya pem­binaan dari Pemerintah secara bersama-sama. Apabila ditemui indikator yang kurang lengkap, dapat dperbaiki.