BPBD memperkuat kapasitas Penanggulangan Bencana Melalui Pelatihan Tim Reaksi Cepat

BPBD memperkuat kapasitas Penanggulangan Bencana Melalui Pelatihan Tim Reaksi Cepat

Badan Penanggulangan Bencana Daerah HERA ARMAN, ST(Badan Penanggulangan Bencana Daerah) 28 Juli 2017 16:33:26 WIB


Bukittingi (28/7) –Untuk memperkuat kapasitas penanggulangan bencana BPBD melatih Tim Reaksi Cepat TRC) yang barasal dari 19 BPBD kabupaten/Kota dan beberapa dinas terkait kebencanaan di Hotel Pusako selama dua hari (27 s.d 28 Juli) di Bukittinggi. Pelatihan dihadiri oleh 52 peserta dengan narasumber dari PMI dan BPBD Provinsi Sendiri.

Pelatihan dilaksanakan tidak hanya satu arah dari narasumber. Pelatihan lebih kepada diskusi dan studi kasus sehingga TRC dari kabupaten kota dapat berbagi pengalaman selama dilapangan. Selama pelatihan peserta terlihat antusias. Salah satu peserta dari kabupaten kota yang baru bergabung ke Tim TRC mengatakan melalui forum kendala yang dihadapinya bisa didiskusikan dan dapat membantunya dalam bertugas ketika terjadi bencana.

Tim Reaksi Cepat (TRC) adalah ujung tombak dalam penanggulangan bencana terutama dalam masa tanggap darurat sebab Tim Reaksi Cepat adalah pihak yang pertama kali melakukan kaji cepat segera setelah terjadi becana. TRC akan melakukan pengkajian secara cepat dan tepat dalam waktu tertentu, antara lain mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, jumlah korban, kerusakan prasarana dan sarana, gangguan terhadap fungsi pelayanan umum dan pemerintahan serta kemampuan sumber daya alam maupun buatan serta saran yang tepat dalam upaya penanganan bencana (HA).