ni Tiga Motif Anak Menggunakan Internet

Berita Utama Indra, S.Kom(Dinas Kesehatan) 31 Juli 2017 07:30:33 WIB


Studi yang dilaksanakan oleh Kementerian Kominfo dengan menelusur aktivitas online dari sampel anak dan remaja usia 10-19 yang tersebar di seluruh Indonesia, ditemukan sebanyak 98% anak tahu tentang internet dan 79,5% di antaranya adalah pengguna internet.

Tiga motivasi utama untuk mengakses internet, yakni untuk mencari informasi, untuk terhubung dengan teman lama dan teman baru, dan untuk hiburan. Pencarian informasi didorong oleh tugas-tugas sekolah, sedangkan penggunaan media sosial dan konten hiburan didorong oleh kebutuhan pribadi.

''Sekarang memang dunia gadget, tapi tolong gunakan untuk hal positif,'' kata Menkes RI Prof. Nila F Moeloek pada acara puncak Hari Anak Nasional 2017 di gedung Prof. Sujudi, Kemenkes RI di Jakarta, Selasa (25/7).

Dari penggunaan internet tersebut, banyak anak dan remaja yang memberikan informasi pribadi seperti alamat rumah, nomor telepon, atau alamat sekolah. Pihak orangtua mungkin ketinggalan dari anak-anak mereka dalam hal menguasai dan menggunakan media digital.

Sedikit dari orangtua yang mengawasi anak-anak mereka ketika mengakses internet, dan sedikit yang menjadi teman anaknya dalam jejaring sosial.

Anak muda ini ujar Menkes lebih senang dengan grupnya daripada dengan orang tuanya. Menkes berpesan kepada seluruh anak muda agar menggunakan gadget untuk hal positif.

''Gadget memang sangat membantu. Tolong manfaatkan untuk hal positif, yang negatif tidak usah,'' kata Menkes.