Sawahlunto, Kota Museum

Sawahlunto, Kota Museum

Berita Utama Masrizal, S.Sos(Dinas Kebudayaan) 30 Agustus 2017 11:07:32 WIB


“Sawahlunto merupakan kota yang memiliki banyak museum, dan memiliki animo mendirikan museum yang tinggi”, kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Nagari Adityawarman Sumatera Barat Adi Saputra.
"Kami dari pihak museum provinsi juga bersinergi dengan museum di daerah dalam hal pemeliharaan koleksi, dengan cara memberikan pengarahan dan sosialisasi tentang tata cara perawatan," katanya ketika dihubungi di Padang, Selasa.
Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Peninggalan Sejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto Hendri Thalib mengatakan, bahwa sejumlah museum berdiri di Kota Tambang itu seperti Museum Gudang Ransum. Di museum ini pengunjung dapat mengetahui teknologi sejak zaman Kolonial Belanda yang digunakan sebagai tempat memasak dalam jumlah besar untuk para pekerja di tambang batu bara.
masyarakat juga dapat pula mengunjungi beberapa museum lain seperti Museum Kereta Api, Museum Tambang Batubara Ombilin, Museum Pakaian Tradisi dan Museum Lubang Tambang Mbah Suro.
"Selain itu juga ada museum alat-alat musik yang mempunyai koleksi beragam alat musik dari seluruh nusantara dan beberapa negara lain di dunia," ujarnya.
Koleksi-koleksi yang ada pada museum ini diperoleh dari beberapa cara seperti sumbangan masyarakat, ganti rugi serta kerja sama dengan pemilik benda.
Ia menambahkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya juga akan membuka museum budaya Jawa mengingat jumlah penduduk yang beasal dari etnis Jawa di daerah tersebut terbilang banyak.
Ia menyebutkan pemerintah setempat menjadikan museum sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat terutama para pelajar untuk mengetahui perjalanan sejarah kota tersebut.
"Melalui museum masyarakat akan mendapatkan pengetahuan tentang sejarah kota serta kemajuan teknologi yang sudah ada sejak dulu," katanya. (mrb)