Tips Bersepeda Di Jalan Raya Saat Malam Hari

Artikel Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 28 Agustus 2013 01:28:30 WIB


Bersepeda tidak hanya asik dilakukan dipagi, siang atau sore hari. Saat gelap pun tak jarang menjadi waktu yang tepat dan memunculkan keasyikan tersendiri. Tetapi harus hati-hati, pesepeda juga harus memahami aturan kendaraan bermotor. Sebab, meskipun berbeda, sepeda melaju seperti layaknya kendaraan bermotor. Nah, untuk mencegah kecelakaan di jalan raya atau insiden lainnya saat bersepeda, berikut beberapa tipsnya:

Periksalah sepeda apakah sudah aman untuk dikendarai. Seperti memeriksa ban, rem, rantai, serta yang tak ketinggalan adalah lampu sebagai modal penerangan. Lampu yang dipakai pun juga harus lebih dari dua, satu lampu berwarna putih untuk bagian depan dan satu lagi berwarna merah untuk bagian belakang.

Pastikan juga sorotan lampu bagian depan cukup jauh. Normalnya, jarak pandang pesepeda harus bersih atau dapat tersorot sejauh 150 meter. Selain bagian belakang, pedal pun disarankan yang memiliki reflector sebagai pemantul cahaya. Fungsinya agar visibilitas pesepeda dapat terlihat secara utuh dan kendaraan lain dibelakangnya dapat menjaga jarak.

Setelah itu, pakailah baju yang berwarna terang. apabila tidak memiliki baju berwarna terang, pesepeda dapat mengakalinya dengan mengenakan jaket atau rompi yang memiliki reflektor. Dan selanjutnya yang perlu dipehami dan dipelajari adalah rute yang akan dilalui oleh Anda.

Sumber: Save drive magazine