Bimtek pemetaan dan evaluasi kondisi politik dalam negeri untuk percepat pelaporan perkembangan situasi dan kondisi daerah.

Kinerja TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 15 September 2017 11:44:50 WIB


Guna mengambil langkah langkah antisipasi terhadap gejolak yang timbul akibat permasalahan permasalahan di daerah, Ditjen Politik dan Pum Kemendagri tengah mengembangkan aplikasi pemetaan dan evaluasi kondisi politik daerah. Hal ini diperlukan agar laporan perkembangan politik di daerah yang berbasis aplikasi tersebut dapat diakses secara cepat dan tepat.

Untuk pengenalan aplikasi tersebut, Ditje Polpum Kemendagri menyelenggarakan bimtek pemetaan dan evaluasi kondisi politik dalam negeri bagi Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Kesbangpol se- Indonesia dan jajarannya pada tanggal 8 s/d 10 Agustus 2017 lalu bertempat di Makasar. Bimtek ini diadakan berdasarkan pada Permendagri Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemantauan, Pelaporan dan Evaluasi Perkembangan Politik di Daerah.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Bidang Politik dalam Negeri Badan Kesbangpol Sumbar, Drs. Syahlaluddin dan Kasubid Hubungan Antar Lembaga dan Pemilu, Asih Nurhadi, S.Sos. Sistem pelaporan perkembangan politik daerah tersebut nantinya akan diatur sehingga data akan terintegrasi antara pusat dan daerah dan dapat diakses setiap saat dengan menggunakan sistem komputerisasi berbasis internet, mencakup seluruh data diantaranya data politik pusat dan daerah, perkembangan politik di daerah, permasalahan dan kondisi politik serta langkah langkah yang telah diambil maupun rekomendasi dibutuhkan dalam penyelesaian permasalahan terkait perkembangan politik daerah.

Program Aplikasi Pemetaan dan Evaluasi Kondisi Politik Dalam Negeri Yang Dinamis direncanakan akan di-launching pada akhir tahun 2017 secara serentak di Jakarta.

Download