Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Teknis Kearsipan Bagi Sekretaris Nagari se-Sumatera Barat

Berita Utama ROMI ZULFI YANDRA, S.Kom(Dinas Kearsipan dan Perpustakaan) 16 September 2013 07:35:34 WIB


Selasa, 10 September 2013 diselenggarakan Diklat Teknis Kearsipan Bagi Sekretaris Nagari se-Sumatera Barat di Hotel The Axana Padang. Diklat teknis ini dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat (Drs. Alwis) yang didampingi oleh Direktur Konservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (Drs. Imam Gunarto, M.Hum).

Diklat ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan dengan menggunakan Dana Dekonsentrasi dari Arsip Nasional Republik Indonesia, yang penyelenggaraannya sudah dilaksanakan dari tahun 2009 sampai dengan tahun 20014 dengan tujuan terselenggaranya tertib arsip di pemerintah terendah yaitu pemerintah desa/nagari yang ada di Sumatera Barat khususnya.

Peserta yang mengikuti acara dimaksud adalah para Sekretaris Desa/Nagari yang ada di Sumatera Barat dengan jumlah peserta 55 (lima puluh lima) orang. Peserta diberikan materi berupa teori dan praktek penhgelolaan arsip yang penyelenggaraannya dilaksanakan pada tanggal 10 s,d 13 September 2013.

 

Narasumber dari kegiatan ini dari Arsip Nasional dan pejabat struktural dan fungsional Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat. Materi yang diberikan dalam diklat teknis ini adalah Kebijakan kearsipan nasional, kebijakan pembinaan kearsipan di Sumatera Barat, manajemen arsip dinamis, tata naskah dinas pemerintah desa, pengurusan dan pengendalian tata naskah dinas pemerintah desa, pemberkasan arsip pemerintah desa, penyusutan dan aplikasi pengelolan arsip pemerintah desa disertai dengan praktek.