Dana Desa Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Membangun Nagari

Dana Desa Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Membangun Nagari

Berita Utama Drs. AKRAL, MM(Diskominfo) 29 November 2017 15:30:04 WIB


Pariaman  Rabu 29 November 2017, Bupati Padang Pariaman diwakili Sekretaris Kabupaten Padang Pariaman Jonpriadi. SE. MM didampingi kepala OPD terkait di ruang rapat Bupati kantor Bupati Padang Pariaman mengatakan bahwa "Dana Nagari untuk tahun 2017 berkisar 53, 6 Milyar yang tersebar di 103 Nagari dan 17 Kecamatan."

Lebih lanjut Jonpriadi menjelaskan bahwa "dana Desa digunakan untuk membangun infrastruktur seperti jalan, jembatan, gedung PAUD, rehabilitasi pasar, drainse, dan MCK serta mendirikan BUMNag di beberapa Nagari.

Dalam pengelolaan dan penggunaan dana desa dibuatkan beberapa regulasi dan juga mengikutsertakan masyarakat. Hal ini dilaksanakan agar masyarakat merasa memiliki terhadap pembangunan tersebut.

Adanya dana desa sangat dirasakan betul oleh masyarakat, yang mana masyarakat tidak hanya untuk melaksanakan pembangunan tetapi juga untuk mengawasi penggunaan dana desa ini. Disamping itu dalam rangka transparansi pengelolaan keuangan desa setiap Nagari dibuat baliho dan papan pengumuman,  juga melibatkan pers atau wartawan, apalagi di era yang serba terbuka ini segala sesuatunya harus transparan.

Anggota Tim Penilai dari PWI dan Pamong senior Provinsi Sumatera Barat yaitu: Drs. H. Basril Thaher, Drs. H. Akmal Firdaus, Heranof,  Ir.  Basril Basyar. MM,  Zulnadi. SH,  Jayusdi Effendi,  Gusfen Khairul. Supriadi. SE, dan Drs. Akral. MM.  Demikian dilaporkan dari Padang Pariaman. (by. Akral)