Kadis Lingkungan Hidup : Pemahaman Masyarakat Terhadap Perubahan Iklim Dan Dampaknya Perlu Ditingkatkan

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 17 Januari 2018 08:43:14 WIB


Painan, Selasa 16 Januari 2018

Kepedulian terhadap lingkungan mestinya tumbuh secara sadar dari individu. Sikap inilah yang kemudian secara simultan dapat menyelamatkan lingkungan dari dampak buruk, seperti polusi udara, air atau menurunnya fungsi sumberdaya alam.

Kadis Lingkungan Hidup Pessel, Nely Armida, Selasa (16/01) mengungkapkan, penumbuhan kesadaran bagi pemeliharaan lingkungan butuh waktu dan energi, karena perlu upaya advokasi dan inisiasi dari berbagai pihak, tidak saja pemerintah tetapi juga masyarakat dan komunitas peduli lingkungan.

Dijelaskan, lomba Proglim (Program Iklim) yang dilakukan selama ini diharapkan dapat meningkatkan pemahamam masyarakat terhadap perubahan dan dampak yang akan ditimbulkan dari perubahan iklim.

"Dengan meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap perubahan iklim, maka semua pihak akan terdorong untuk melaksanakan aksi yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat, disamping itu juga berkonstribusi terhadap upaya pengurangan emisi gas rumah kaca," ucapnya.

Dijelaskan, selama ini  nagari yang dijadikan sasaran penilaian terus didorong berperan aktif ikut menjaga kelestarian lingkungan dengan tetap melakukan usaha-usaha atau kegiatan ekonomi tanpa mengabaikan hal-hal yang bisa berdampak terhadap perubahan iklim.

Dikatakan, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) meluncurkan Proglim sebagai salah satu upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen pada tahun 2020 nanti. (03)

sumber:web pessel