Masyarakat Nagari Talaok Buka Taman Bacaan Bagi Anak - Anak

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 14 Februari 2018 10:02:44 WIB


PAINAN, 13/02/2018

Guna meningkatkan minat baca masyarakat Nagari Talaok, Kecamatan Bayang, Kabupeten Pesisir Selatan, membuka Taman Bacaan bagi anak - anak di daerah itu.

   Eva Zulmiati sebagai pembina mengatakan membiasakan membaca menjadi salah satu cara untuk mendidik karakter anak.

  Bacaan masyarakat, kata dia, salah satu wadah yang bergerak dibidang pendidikan yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kembali minat baca masyarakat tanpa membedakan status sosial, ekonomi, budaya, agama, adat istiadat, tingkat pendidikan dan lain sebagainya.

 "Di sini mereka tidak hanya membaca, tapi kami juga berusaha menanamkan pendidikan karakter, lewat komunikasi dengan mereka.  sekaligus sebagai upaya menambah literasi,"ujarnya, Selasa (13/2).

Dikatakanya, taman bacaan masyarakat dibuka di daerah itu dengan menyediakan berbagai macam buku seperti buku referensi untuk menunjang pelajaran anak - anak, buku cerita rakyat, karya sastra puisi dan cerpen non piksi, serta buku keagamaan.

 " Taman bacaan ini kita buka dan membimbing langsung bagi anak seperti belajar membaca, belajar bahasa inggris, belajar menggunakan komputer serta tata cara kepada anak - anak dalam membuat puisi, cerpen dan lainya. Sebab anak - anak yang pandai membaca namun belum bisa memahami apa yang telah dibacanya",jelasnya.

  Taman baca berukuran 4 x 4 meter itu masyarakat dapat menikmati isi buku tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.(18) 

sumber/webpessel