Transportasi Bagus Akan Tingkatkan Perekonomian di Mentawai

Transportasi Bagus Akan Tingkatkan Perekonomian di Mentawai

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 02 Maret 2018 19:59:36 WIB


Padang, 2 Maret 2018

Wagub Sumatera Barat, Drs. H. Nasrul Abit memaparkan sejumlah tantangan yang harus segera dijawab dalam rangka percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan Kab. Kep. Mentawai, salah satunya transportasi.

Dijelaskan wagub, Persoalan menyangkut infrastruktur jalan sudah mulai dibenahi, dengan adanya pembangunan ruas jalan sejauh 41 KM dari total 167 KM ruas jalan Siberut yang menghubungkan Pei-Pei ke Labuan Bajau yang telah diselesaikan oleh pemkab Mentawai, sisa ruas jalan yang belum rampung, sambungnya, akan diupayakan menjadi jalan nasional yang tercakup dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Siberut.

KEK yang meliputi kawasan Siberut seluas kurang lebih 2600 hektare dengan nilai investasi sekitar 11 Triliun Rupiah itu sendiri dikatakan Nasrul Abit telah hampir rampung penyusunannya, di mana 17 dari 18 syaratnya telah dipenuhi oleh Pemprov Sumbar.

"Tinggal satu yang belum, AMDALnya. Kalau sudah selesai, tinggal dipresentasikan ke Pemerintah Pusat dan Dewan KEK," terang Nasrul Abit

Wagub mengungkapkan, jika KEK ini selesai maka sisa ruas jalan Siberut sebagaimana yang ia sebutkan sebelumnya juga akan selesai dan ekonomi masyarakat perlahan akan hidup dan menggeliat.

"Ini kalau terbuka, semua desa akan terhubungkan. Akan ada nanti jaringan-jaringan jalan ke jalan poros. Ini nanti yang akan menghidupkan ekonomi," ungkapnya.

Sementara itu, untuk ruas jalan di Sipora, Nasrul Abit mengatakan secara umum sudah tidak ada masalah yang patut dikhawatirkan karena ruas jalan tersebut telah menjadi jalan nasional.

"Tinggal dibikin jalan-jalan desa untuk menghubungkan," sebutnya.

Di ujung paparannya menyangkut transportasi, Nasrul Abit menegaskan transportasi dan infrastruktur penunjangnya adalah hal utama yang harus segera dituntaskan jika ingin mengeluarkan Kab. Kep. Mentawai dari ketertinggalannya.

Sumber : kantorberitathetarget.com