Kunjungan TPID Kalteng ke Provinsi Sumatera Barat

Kunjungan TPID Kalteng ke Provinsi Sumatera Barat

Berita Utama YANITA SELLY MERISTIKA, S.Kom(Dinas Pangan) 23 April 2018 12:15:31 WIB


Tim TPID Provinsi Kalimantan Tengah melakukan studi banding ke Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 18-19 April 2018. Salah satu tujuannya adalah sharing informasi terkait success story TPID Provinsi Sumatera Barat dalam mengendalikan inflasi daerah.

Pada pertemuan diskusi antara tim TPID Kalteng dengan TPID Sumbar yang diwakili oleh Dinas Pangan, Kepala Dinas Pangan, Efendi, menyampaikan kegiatan dinas pangan dalam rangka mengendalikan inflasi, diantaranya :

  1. Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) sebanyak 98 Gapoktan.
  2. Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) sebanyak 22 Gapoktan, melalui Toko Tani Indonesia sebanyak 56 Unit.
  3. Lumbung Pangan sebanyak 116 Unit.
  4. Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) sebanyak 912 Unit.
  5. Pengembangan Nagari Mandiri Pangan sebanyak 55 Nagari.
  6. Melalui UPTD Distribusi, Pasokan dan Akses Pangan.(Berdasarkan Peraturan Gubernur Sumbar Nomor 105 Tahun 2017, dibentuklah UPTD Distribusi, Pasokan dan Akses Pangan yang mempunyai tugas melaksanakan kegiatan teknis operasional pengendalian inflasi di Sumatera Barat.)

Selanjutnya Kepala Dinas Pangan menambahkan langkah-langkah strategis yang dilakukan untuk antisipasi inflasi daerah antara lain:

  • Optimalisasi fungsi UPTD Distribusi, Pasokan dan Akses Pangan sebagai lembaga pengendali inflasi bahan pangan.
  • Pengembangan cadangan pangan daerah melalui pengembangan kerjasama antar pemerintah kabupaten/kota dan peningkatan/ revitalisasi fungsi dan peran lumbung desa dan cadangan pangan masyarakat.
  • Mendorong peningkatan penganekaragaman konsumsi pangan masyarakat melalui percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis pangan lokal dan lomba cipta menu.
  • Meningkatkan dan memperbaiki infrastruktur dan kelembagaan ekonomi nagari dalam rangka mengembangkan skema distribusi dan akses pangan kepada kelompok masyarakat tertentu yang mengalami kerawanan pangan (kegiatan Nagari Mandiri Pangan).
  • Menumbuhkan Toko Tani Indonesia Center di Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai salah satu lembaga bagi masyarakat untuk dapat mengakses pangan dengan harga murah dan berkualitas.
  • Melakukan operasi/bazar murah.

Tim TPID Kalteng juga melakukan kunjungan ke lokasi Kawasan Rumah Pangan Lestari, yakni ke Kelompok Dasawisma Melati III, Kelurawahan Rawang, kecamatan Padang Selatan. Selanjutnya, tim melakukan kunjungan ke TTIC Provinsi Sumatera Barat di Dinas Pangan dan Gedung Pengendalian Inflasi Prov. Sumatera Barat.

Dengan telah berdirinya Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di Sumatera Barat yang telah launching tanggal 3 April 2018, maka telah nampak langkah nyata dari Provinsi Sumatera Barat untuk mengendalikan inflasi harga pangan.