Gubernur Resmikan STA Karya Sejahtera Pasaman Barat

Berita Utama RASMUNALDI, ST(Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan) 20 September 2013 04:40:45 WIB


stapasbarGubernur Resmikan STA Karya Sejahtera Pasaman BaratGubernur Sumbar Irwan Prayitno   meresmikan pemakaian gudang Sub Terminal Agribisnis (STA) Karya Sejahtera , Jorong Mahakarya, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Jum’at ( 20/9). Peresmian gudang STA ini menunjukan perhatian yang besar pemerintah Sumbar terhadap pembangunan pertanian di Sumatera Barat.

Ikut hadir pada saat peresmian gudang STA ini ,   Bupati Pasaman Barat, Baharuddin R, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Ir.Djoni, Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumbar, Ir. Efendi, MP , Kepala Dinas Perkebunan Ir. Fajaruddin dan Kepala Dinas Peternakan Sumbar Drh Erinaldi.

Peresmian gudang STA ini ditandai dengan pengguntingan pita dan pembukaan kain selubung papan nama STA. Pada kesempatan itu Gubernur juga melihat berbagai produk sayuran yang dihasilkan dan dipasarkan   anggota STA Karya Sejahtera.

Gubernur memuji kerja keras  petani anggota STA Karya Sejahtera yang telah memanfaatkan pekarangan untuk menghasilkan tanamana sayur. Apa yang dilakukan   petani anggota kelompok Karya Sejahtera ini membuktikan kalau lahan pekarangan dimanfaatkan dengan optimal bisa menjadi sumber pendapatan bagi petani.

Ia berharap dengan adanya gudang STA tersebut semakin menambah semangat   petani   meningkatkan usaha tanaman sayur di pekarangan. Dengan adanya gudang tersebut, petani bisa memproses sayuran sayuran lebih baik dan memasarkan sayuran secara bersama-sama. “Manfaatkanlah gudang ini seoptimal mungkin untuk kesejahteraan petani,”tegasnya.

Petani di Jorong Mahakarya   memang telah lama memanfaatkan pekarangan sebagai sumber sayuran. Menurut Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sumbar Ir. Djoni, dengan memanfaatkan pekarangan , Jorong Mahakarya telah terkenal sebagai penghasil sayuran di Kabupaten Pasaman Barat.

Sayuran-sayuran seperti kangkung, bayam, kacang panjang, terung dan cabai dipasarkan ke seluruh daerah di Kecamatan Luhak Nan Duo, Bahkan sampai ke Kabupaten Agam seperti kecamatan Bawan.

Jorong Mahakarya ini juga merupakan Nagari pelaksana program Gerakan Pensejahteraan Petani di Sumatera Barat. Di samping STA, di Jorong ini juga tengah dikembangkan pertanian yang terintegrasi, khususnya   tanaman jagung , sawit dan usaha peternakan sapi.     Gubernur   dalam kunjungan ini juga bersempatan melihat pengembangan pertanian terintegrasi ini.