Antisipasi Kecelakaan Laut, Lantamal II Padang siagakan KRI.

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 30 Juni 2018 08:17:50 WIB


Pada Jum’at (29/06), Komandan Satuan Kapal Patroli Lantamal II Kolonel Laut (P) Joko Triwanto mengatakan bahwa mengingat kondisi cuaca yang belum membaik, pihaknya menyiagakan kekuatan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI). Dua unsur KRI yang disiagakan itu adalah KRI Kala Hitam – 828 dan KRI Cakalang – 852.

Keunggulan kedua kapal tersebut yakni dapat bergerak cepat dan mampu mengarungi gelombang laut yang tinggi. Selain spesifikasi KRI yang memudahkan penyelamatan, Satuan Patroli juga didukung oleh personel yang mumpuni di bidang Search and Rescue. Berkaca pada peristiwa tertahannya sekitar 200 orang wisatawan di Pulau Angso Duo, Pariaman, akibat cuaca buruk, Lantamal II lantas melakukan upaya kesiapsiagaan bencana agar hal hal yang merugikan tidak sampai terjadi Karen faktor lambatnya penanganan.

Pada kejadian di Angso Duo tersebut, Satuan Kapal Patroli Lantamal II mengerahkan Sea Rider serta Kapal Angkatan Laut Sinyatu untuk membantu evakuasi. Joko menambahkan, selain untuk kepentingan wisata, antisipasi juga dilakukan untuk aktivitas masyarakat di laut.

Lantamal II meminta masyarakat segera memberikan laporan apabila terjadi bencana atau situasi yang memerlukan pertolongan. Apabila bencana eskalasi besar terjadi, Lantamal II akan meminta bantuan Komando Armada I  terutama untuk unsur unsur angkut yang lebih besar.