O2SN JENJANG SMA TINGKAT SUMBAR DIGELAR

Pendidikan () 04 September 2018 17:03:05 WIB


Padang, 4 September 2018

     Olimpiade Olahraga Siswa Nasional  ( O2SN ) SMA merupakan suatu wahana bagi siswa untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kesehatan jasmani , rohani dan daya kreativitas dikalangan siswa.

     Sejalan dengan kegiatan tersebut Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat menggelar O2SN tingkat SMA yang diselenggarakan 3 s.d. 6September 2018 dengan  memperlombakan  lima  cabang olahraga yaitu atletik, bulutangkis,  karate, pencak silat dan renang putra/putri.

     O2SN tingkat SMA ini akan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat  yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan SMA Irman, S.Pd, MM bertempat dipelataran parkir Hotel Rasaki Km. 16 By Pass Padang, Senin (3-9).

    Dalam sambutannya Kepala Bidang Pembinaan SMA Irman, S.Pd, MM mengatakan, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMA merupakan suatu wahana bagi siswa untuk menumbuhkembangkan kreativitas khususnya bidang olahraga dan kesehatan dikalangan pelajar SMA.

    Kabid Pembinaan SMA memaparkan kepada peserta bahwa, kita semua telah menyaksikan pesta olahraga Asian Games  ke-18 yang dilaksanakan di Jakarta-Palembang dimana semua kita menonton dan menyaksikan perjuangan dan kiat-kiat yang telah dilaksanakan  atlet-atlet tersebut untuk negaranya.

     Dari ajang tersebut ujar Irman, dapat dilihat setidak-tidaknya ada tiga nilai yang kita ambil disana untuk bisa diterapkan dalam seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional ( O2SN ) SMA Provinsi Sumatera Barat yang sekarang ini dilaksanakan yaitu adanya nilai juang yang tinggi, berlomba dengan sungguh-sungguh serta tangguhnya lawan, memiliki kestabilan emosional serta mempunyai nilai kesabaran dalam berlomba.

    Sementara itu ketua pelaksana Drs. Darius, M.Pd dalam laporannya mengatakan, O2SN SMA ini diikuti sebanyak 396 peserta dari 18 Kab/Kota minus Kab. Kepulauan Mentawai dengan memperlombakan lima cabang lomba olahraga yaitu atletik dan renang dilaksanakan  di GOR.H. Agus Salim, bulutangkis G. Sport Gunung Pangilun,pencak silat gedung olahraga Bung Hatta Gunung Pangilun serta  karate di gedung Pramuka Khatib Sulaiman.

   Ajang seleksi O2SN SMA tingkat Provinsi Sumatera Barat ini ujar Darius, untuk mendapatkan atlet pelajar untuk mewakili daerah ini tingkat nasional yang nantinya diselenggarakan di DI. Jogyakarta 16 s.d. 22 September 2018 mendatang.( Pon Siswa, S.Sos-Disdik Sumbar).