Gubernur Meresmikan BKAN

Berita Utama () 17 Oktober 2013 07:57:00 WIB


Gedung Badan Kerjasama Antar Nagari (BKAN) Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan diresmikan Gubernur Irwan Prayitno, gedung tersebut dipergunakan sebagai bentuk swadaya dan pemberdayaan masyarakat (PNPM-MP) dalam pengembangan pembangunan di daerah.

Gubernur Sumbar didampingi oleh Kepala BPM Prov. Sumbar Dr. Suhermanto Raza,SH.MM, Kabiro Pemerintahan Drs. Syafrizal Ucok, Kepala Biro Humas Irwan,S.Sos,MM, Wakil Bupati Pesisir Selatan Editiawarman, Forkopinda  serta beberapa kepala SKPD dilingkungan Kaubupaten Pesisir Selatan.

Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, alhamdulliah pembangunan gedung BKAN ini merupakan kebanggaan kita bersama, ini salah satu wujud peranserta masyarakat dalam meningkatkan pembangunan di daerah ini.

Keberhasilan pembangunan gedung ini tentu tidak lepas dari kekompakan , kerjasama dan koordinasi masyarakat dengan pemerintah daerah. Karena itu manfaatkan gedung ini dengan sebaik-baiknya dalam rangka menghipun aspirasi masyarakat dalam memajukan pembangunan daerah sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya, ungkapnya.

Gubernur juga menyampaikan saat ini sistem pembangunan daerah berdasarkan usulan dan gagasan dari bawah ke atas (bottom up). Dimana pengembangan pembangunan itu dilakukan untuk kepentingan masyarakat sesuai dengan kondisi dan situasi yang berkembang ditengah-tengah masyarakat di daerah tersebut.

Dahulu banyak kegiatan pembangunan yang dilakukan berdasarkan keinginan dari atas yang dalam kenyataan kurang mendapat perhatian dan mirisnya bantuan tersebut menjadi besi tua, terbengkai dan sia-sia. Seakan-akan program tersebut tidak tepat sasaran, sehingga masyarakat kurang peduli dan tidak mampu melaksanakan sebagaimana yang diharapkan.

Karena itu kita akan terus mendorong program yang telah dilahirkan PNPM Pedesaan ini, untuk tetap dilanjutkan untuk kemajuan pembangunan masyarakat didaerah. Dengan program yang telah dilakukan melalui PNPM pedesaan terlihat animo dan tingkat partisipasi masyarakat tumbuh berkembang secara baik.

Kita patut memberikan apresiasi terhadap partisipasi masyarakat, sehingga gedung ini siap dalam kondisi baik. Gedung ini tentu akan menjadi tempat berkumpul dan berdiskusi antar nagari dan masyarakat dalam merumuskan berbagai hal yang terbaik dalam meningkatkan pembangunan di daerah ini.