Sumbar Gelar Pembinaan Dewan Hakim, Siapkan Suksesnya MTQ Nasional ke-28

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 30 November 2018 10:39:27 WIB


Bukittinggi, InfoPublik - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit membuka acara seleksi, pembinaan dan pengembangan Dewan Hakim MTQ Sumatera Barat dalam rangka meningkatkan kualitas MTQ di Sumbar dan persiapan sebagai tuan rumah MTQ Nasional di 2020 mendatang.

"Perlu dilakukan pembinaan dan pengembangan MTQ Se-Sumatera Barat melalui seleksi terhadap dewan hakim yang profesional," kata Wagub saat membuka acara, di Hotel Pusaka Bukittinggi, Jumat (23/11/2018), bersama Ketua Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) KH. Said Aqil Husin Al Munawar.

Menurut Nasrul, kegiatan ini amat penting, agar nantinya dewan hakim memiliki pemahaman dan standar yang sama dalam menilai. "Saya sangat mengapresiasi kegiatan pembinaan dan pengembangan ini dan semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar," ujarnya.

Selain itu diharapkan, dengan pembinaan dan pengembangan hakim MTQ se-Sumatra Barat ini, akan bisa menghasilkan qori dan qoriah yang handal dan kompeten.

Wagub juga mengungkapkan pentingnya evaluasi kontingen kafilah pada MTQ Nasional ke 27 di Medan, untuk memperbaiki kekurangan agar bisa lebih baik lagi di MTQ nasional 2020.

"Ini menjadi tugas berat kita, dimana tahun 2020, Sumatera Barat menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke 28, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses pelayanan dan sukses administrasi menjadi harga diri pemerintahan dan masyarakat Sumatera Barat," ungkapnya.

Wagub Nasrul Abit juga meminta dalam memilih qori dan qoriah kafilah Sumbar yang handal, para dewan hakim bisa objektif karena ini sangat berkaitan dengan persiapan kafillah Sumatera Barat.

"Diharapkan kepada Dewan Hakim MTQ supaya memilih anak-anak secara objektif karena ini sangat berpengaruh besar pada kesuksesan MTQ  2020 yang akan di laksanakan di Sumatera barat," ucapnya.

Untuk persiapan semua itu lanjut wagub, perlu dilakukan evaluasi, juga disiapkan cadangan pendamping, untuk melihat mana yang terbaik nantinya.

Kepala Biro Bintal yang diwaliki Kabag Bintal Karimis, dalam kesempatan itu menyampaikan, kegiatan pembinaan dan seleksi dewan hakim ini dilakukan untuk mencari dewan hakim yang handal dan profesional.

"Keberhasilan kafilah MTQ Nasional tidak terlepas dari keberhasilan dewan juri menetapkan juara sekaligus pilihan untuk qori dan qoriah kafilah Sumbar," pungkasnya.