SEKRETARIS DISPORA SUMBAR BUKA MUSDA FORUM PURNA PSP3

Berita Utama () 18 Oktober 2013 10:29:46 WIB


   PADANG,…Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumatra Barat, Adib Alfikri, SE,M.Si, secara resmi buka Musyawarah Daerah ( Musda ) Forum Purna Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan ( PSP-3 ) Kamis malam 17/ 10 di Istana Rapat Gubernuran jalan sudirman Padang.

Hadir pada pembukaan itu, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Drs.H. Afrizal Muchtar, M.Pd, Kepala Seksi Kewirausahaan dan Kepeloporan Pemuda Dispora Sumatra Barat, Adiwarman, SE, dan Sekjen Purna PSP-3 Pusat, Arifin.

Dalam sambutannya Adib Alfikri mengatakan, Pemerintah ( Dispora ) sangat mendukung semua bentuk organisasi pemuda yang mau melakukan kegiatan positif, dan Forum purna PSP-3 ini merupakan salah satu dari semua itu, meski Dispora dari mulai berdiri baru dua periode ( 2012 dan 2013 ) menangani PSP-3 dan Purna PSP-3, namun dukungan Dispora pada PSP-3 sangat nyata dalam memberikan fasilitas setiap kegitan serta musda yang dilaksanakan Forum purna PSP-3 begitu juga dengan Musda yang dilaksanakan hari ini.

Dikatakan juga, dalam melaksanakan musda, agar tidak lepas dari tiga unsur, legal, legitimed dan transparan, selain itu dalam menjalankan organisasi jangan hanya sebagai tempat reunian, berkumpul-kumpul dan sebagai paguyuban saja, untuk itu agar menjadikan musda kali ini sebagai ajang membangun jaringan, melahirkan, ide- ide dan program- program, yang membangun sekurang- kurangnya untuk Internal ( Forum ), agar mampu berdiri sendiri tanpa tergantung pihak lain.

“ Kita berharap forum purna PSP-3 yang malaksanakan Musda kali ini, dapat menelurkan ide- ide yang membangun sekurang- kurangnya untuk Internal Forum,’’ kata Adib Alfikri.

Kabid Pengembangan Pemuda, Drs.H.Afrizal Muchtar, M.Pd, Menerangkan, Forum Purna PSP-3 merupakan salah satu binaan Dispora Sumatra Barat, Bidang Pengembangan Pemuda,karena itu sudah selayaknya Dispora mempasilitasi dan sekaligus mengawalnya dalam menjalankan program dan melaksanakan setiap kegiatan salah satunya melaksanakan musda seperti hari ini, oleh karenanya dalam melaksanakan musda nanti agar memilih ketua dan pengurus yang baik dari terbaik, yang bisa mengakomodir ide-ide dari PSP-3 Kabupaten/ Kota.

Selain itu tutur, Afrizal, pemimpim yang terpilih nanti jangan mengambil keputusan berdasarkan satu daerah, tetapi hendaknya berfikir secara Nasional bukan terkotak- kotak, dengan kata lain dalam mengambil keputusan hendaknya secara musyawarah serta berkoordinasi dengan Dispora setempat.

“ Harapan tertumpang Dari musda ini, akan terpilih pemimpin dan pengurus, bukan dipilih berdasarkan kedekatan dan mengisi kuota saja, namun berdasarkan kebutuhan Forum ( Organisasi ) yang mampu berdiri sendiri,’’ terang Afrizal Mucktar berharap.

Sementara Sekjen Forum Purna PSP-3 Pusat Arifin menyatakan, Musda merupakan lembaga tertinggi dalam organisasi dan bicara musda, bukan hanya sekedar memilih ketua serta anggota, tetapi intinya mau dibawa kemana PSP-3 ini, sedangkan bicara Forum purna PSP-3,hendaknya jangan ada jurang pemisah antara PSP-3 yang sedang berjalan dengan Purna PSP-3, ‘’ pungkasnya.

Sedangkan ketua panitia zalmadi menerangkan, Dasar digelarnya Musda ini berdasarkan, surat mandat dari DPP Forum Purna PSP-3 pusat No: 55/ DPP/ FPPSP3/X /2013 tanggal 11 oktober, tentang pelaksanaan musyawarah DPD Daerah Forum Purna PSP-3 Provinsi Sumatra Barat, sementara untuk pesertanya diikuti Purna PSP-3 angkatan 19, 20, 21, dan 22.( Mul/ Hen/ Is )