Bimbingan Teknis Tata Laksana Statistik Sektoral

Bimbingan Teknis Tata Laksana Statistik Sektoral

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 18 Desember 2018 11:01:25 WIB


Padang, 17 Desember 2018

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat mengadakan Bimbingan Teknis Tata Laksana Statistik Sektoral yang bertempat di Aula Peretemuan Dinas Kominfo Prov Sumbar.

Bimbingan Teknis ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 17 s/d 18 Desember 2018. acara ini diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat, RSUD dan 7 (tujuh) Kab/Kota yang terkait dalam acara tersebut.  

Bimbingan Teknis ini di buka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ir. Yeflin Luandri, M.Si dengan 8 (delapan) narasumber yaitu, Ir. Yeflin Luandri, M.Si, (Kepala Dinas Kominfo Prov Sumbar) Tihajar Andin, S.Sos. M.Si (Bina Bangda Kemendagri), Ir. Ahlam, M.Si (BPS RI), Dede Trinovie Rawung, S.Si. M. Stat (Pusdiklat Badan Statistik RI), Dr. Watkhi, S.Sos. M.SE (Pusdiklat Badan Statistik RI), Erlinda Wati AN. SE.MM (Bappeda Prov Sumbar), Ichsan, SST (BPS Prov Sumbar) dan Ir. Nurfitrisman, MM (Kabid Layanan Kominfo Prov Sumbar)

Dalam Bimbingan Teknis ini menjelaskan tata cara pengolahan data statistik sektoral yang di dukung dengan dasar hukum : UU 16 Tahun 1997 Tentang Statistik, UU 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah PP 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah, Pemendagri Nomor 98 Tahun 2018 Tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah dan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat

Statistik adalah data yang diperoleh dengan cara pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis serta sebagai sistem yang mengatur keterkaitan antar unsur dalam penyelenggaraan statistik.

Jenis statistik terdiri atas : Statistik Dasar (dikumpulkan BPS), Statistik Sektoral (dikumpulkan instansi) dan Statistik Khusus (dikumpulkan oleh lembaga, organisasi, perorangan, dan atau unsur masyarakat lainnya).

Dari Bimbingan Teknis ini di harapkan peserta dapat memahami materi yang diberikan oleh para narasumber terutama untuk penyajian data dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat. (diskominfo-desi)