Pemprov Sumbar Galang Pengumpulan Rendang Bagi Korban Tsunami Selat Sunda

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 30 Januari 2019 16:15:11 WIB


Pemerintah Provinsi Sumatera Barat  (Pemprov Sumbar) kembali melakukan penggalangan bantuan berbentuk rendang untuk korban tsunama Lampung dan Banten. Sebelum juga menyumbang Rendang untuk Bencana Lombok dan Palu.

Penggalangan bantuan rendang ini, di koordinir oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Drs. H. Nasrul Abit. Menurut Nasrul, penggalangan sumbangan rendang ini melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Lingkup Pemprov Sumbar. Tercatat, saat ini sudah ada 710 kilogram rendang yang terkumpul.

"Gubernur mengetuk hati kita semua terutama Kepala OPD. Beliau berharap ada gerakan kemanusiaan dari kita semua untuk itu. Mudah-mudahan setelah itu, masyarakat Sumbar baik yang ada di ranah atau di rantau juga tergugah untuk membantu," katanya, di Padang. Rabu(26/12/2018).

Menurut dia, nantinya akan lebih dari 1 ton rendang yang terkumpul. Sebab 710 kg itu baru dari 30 OPD, sedangkan masih ada sebanyak 20 OPD lagi yang belum menyumbang.

Kemudian, ia menyebutkan bagi masyarakat yang ingin ikut menyumbang bisa menganggarkan langsung ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar. 

"Bantuan Rendang paling lambat tanggal 27 Desember 2018 telah dikumpulkan di kantor BPBD dengan cara mempacking rendang dengan ukuran 1/2 kg. Hal ini bertujuan agar memudahkan dalam pengangkutan dan pendistribusiannya," jelasnya.

Sementara Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, Randang yang terkumpul nantinya akan dibagi dua (Lampung dan Banten). "Berapapun nanti terkumpul kita akan bagi sama banyak," ujarnya singkat.