BPBD Sumbar Gelar Rencana Kontijensi Tsunami Provinsi Sumatera Barat

BPBD Sumbar Gelar Rencana Kontijensi Tsunami Provinsi Sumatera Barat

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 05 April 2019 09:57:51 WIB


Padang, InfoPublik  - Menyadari kondisi Provinsi Sumatera Barat yang mempunyai tingkat kerawanan yang tinggi terhadap gempa dan tsunami, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar kegiatan Rencana Kontijensi Tsunami Provinsi Sumatera Barat (Peningkatan Simulasi dan Pelatihan Kebencanaan 2019) bertempat di Kyriad Hotel Bumiminang Padang, Kamis (4/4/2019).

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit dalam arahannya pada acara pembukaan menyampaikan bahwa secara periodik dan berkelanjutan Pemprov Sumbar akan terus mengadakan kegiatan simulasi dan pelatihan dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa dan tsunami. 

Dikatakan wagub, Pemprov Sumbar berkewajiban untuk memberikan sosialisasi, mengedukasi masyarakat serta melaksanakan simulasi-simulasi terkait potensi bencana tsunami. Hal ini juga membutuhkan kesiapsiagaan pemerintah daerah, masyarakat dan sejumlah badan usaha untuk menghadapinya. 

“Menurut para ahli dan pakar kegempaan, gempa dengan skala besar (megathrust) berpotensi terjadi di Kepulauan Mentawai dan diperkirakan dapat menimbulkan korban jiwa yang cukup banyak.” ujarnya.

Menyadari hal ini, Wagub menghimbau agar masyarakat Sumbar khususnya yang berdomisili pada zona terdampak memahami kondisi ini dan memahami langkah antisipatif yang diperlukan nantinya.

“Simulasi dan pelatihan ini akan membuat Sumatera Barat tangguh dalam menghadapi bencana,” harap Nasrul.

Kegiatan yang dilakukan dalam bentuk Table Top Exercise (TTx), Command Post Exercise (CPx) serta Pengenalan Field Training Exercise (FTx) ini diikuti oleh sejumlah stakeholder terkait kebencanaan lingkup Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. (IS/ MMC Diskominfo)