BPBD Sumbar Gelar Workshop Pengurangan Resiko Bencana

BPBD Sumbar Gelar Workshop Pengurangan Resiko Bencana

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 22 Agustus 2019 15:10:34 WIB


Padang, Diskominfo SB

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat melakukan Workshop Keberlanjutan Pengurangan Resiko Bencana bagi daerah yang ada di pesisir pantai Provinsi Sumatera Barat di Hotel Mercure Padang, Kamis (22/8/2019).

Workshop digelar sebagai tindak lanjut Program Desa Tangguh Bencana, Kementerian Dalam Negeri.

Arbeiter Samariter Bund (ASB) selaku mitra pemerintah dalam pelaksanaan program ini untuk periode 2016-2019. Telah dilaksanakan di wilayah pesisir barat Pulau Sumatera dari Aceh sampai Sumatera Barat

“Ancaman bencana yang bisa saja terjadi setiap saat, memerlukan  kesiapsiagaan kebencanaan masyarakat di semua daerah, khususnya yang bertempat tinggal di sepanjang pesisir pantai”, ujar Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dalam sambutannya saat membuka workshop kebencanaan.

Dikatakan bahwa untuk Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Kepulauan Mentawai telah mendapatkan program ini. Nasrul Abit menyambut gembira kerjasama ASB dapat dilanjutkan untuk beberapa tahun kedepan dan berharap jangkauannya diperluas ke nagari/desa lainnya.

Salah seorang relawan nagari dari Kabupaten Pesisir Selatan, Mardaleni, yang juga merupakan fasilitator kebencanaan dan bersama ASB menyatakan program  yang dilaksanakan oleh ASB diakui memberikan banyak manfaat langsung kepada masyarakat.

“Saya menjadi tahu apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana. Semoga program ini tetap dilanjutkan karena masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan pelatihan,” ujarnya.

Kegiatan workshop diikuti oleh perwakilan pemerintah kab/kota, relawan dan fasilitator Desa Tangguh Bencana se-Sumatera Barat. (Desi / MMC Diskominfo)