Sertijab Kepala BPKP Momen Raih Target WTP 2014

Berita Utama Sub Bag. Sarana dan Prasarana(Sub Bag. Sarana dan Prasarana) 14 November 2013 22:16:37 WIB


Padang--------, Serah terima Jabatan (sertijab) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, diharapkan menjadi momen untuk mencapai target RPJMN opini LKPD pada tahun 2014. "Dengan pergantian Kepala BPKP ini, diharapkan target pemerintah daerah di Sumatera Barat yang meraih WTP sesuai dengan target 2014, yaitu sebanyak 60 persen," kata Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, di Padang, Senin (11/11).

Meskipun demikian, lanjutnya, peraihan target tersebut tidak bisa hanya dibebankan kepada BPKP, namun juga diperlukan komitmen bersama.

"Dalam hal ini, kita sangat berharap kepada wali kota, bupati serta aparatur pemerintahan Sumbar untuk memiliki komitmen yang sama terhadap pencapaian target tersebut," ujarnya.

Ia juga mengatakan, agar walikota, bupati serta aparatur pemerintahan memanfaatkan keberadaan BPKP Perwakilan Sumbar sebaik-baiknya.

Terlebih untuk pelaksanaan pemerintah yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan, jika seandainya ditemukan keraguan, ketidaktahuan, kebimbangan, dan lainnya, agar dapat mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada BPKP. Sebelumnya pada tahun 2012, dari 20 pemda yang ada di Sumbar, hanya 6 Pemda yang mendapatkan opini laporan keuangan dengan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), sedangkan 14 sisanya mendapatkan Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Atas hal tersebut, Pemerintahan Provinsi Sumbar bertekad kuat untuk merubah data laporan keuangan daerah tersebut.

Pada bagian lain, BPKP Perwakilan Sumbar yang sebelumnya dikepalai oleh Achdiman Kartadimadja, saat ini digantikan oleh Arman Sahri Harahap. Gubernur dalam acara sertijab, mengucapkan terimakasihnya kepada Kepala BPKP lama, dan ucapan selamat datang terhadap Kepala BPK baru.

"Terimakasih untuk Achdiman Kartadimadja yang selama mengemban tugas telah bekerjasama dengan baik, sedangkan untuk Arman Sahri Harahap saya ucapkan selamat datang di Ranah Minang, untuk ikut membangun nagari," ujarnya.

Hadir pada kesempatan itu forum komunikasi pimpinan daerah Sumatera Barat, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik Sosial dan Keamanan DR Binsar H. Simanjuntak,MBA, CMA, Bupati/Walikota se Sumbar

Binzar, juga berpesan kepada ka BPKB yang yang baru untuk lebih memberikan konstribusinya tentang pengawasan keuangan pemerintah di daerah ini, termasuk pemberantasan korupsi khususnya terkait terhadap pencegahan dan penindakan. (Humas Sumbar)