PRESIDEN TEGASKAN PENTINGNYA KEMANDIRIAN PANGAN

Berita Utama YANITA SELLY MERISTIKA, S.Kom(Dinas Pangan) 03 November 2013 03:24:32 WIB


Saat Buka Puncak Peringatan HPS ke-33 Tahun 2013 di Kota Padang tepatnya di areal TVRI Padang, Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada kesempatan itu ia menegaskan pentingnya upaya penciptaan kemandirian pangan yang berkelanjutan di Indonesia. sebagai butki komitmen kuat Pemerintah Indonesia dalam menciptakan kemandirian pangan katanya melalui rapat kabinet terbatas yang melibatkan menteri terkait, gubernur, dan pimpinan dunia usaha di Bukttinggi beberapa hari yang lalu, mereka telah menyusun sebuah rencana aksi tentang kemandirian pangan, berisikan berbagai langkah dan upaya yang akan dilakukan pemerintah untuk menciptakan kemandirian pangan yang berkelanjutan di Indonesia. 

Persoalan pangan, katanya merupakan persoalan yang mendapat perhatian besar, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. secara global saat ini, katanya, masih terdapat 870 juta orang mengalami kekurangan gizi kronis. 

Kondisi dunia seperti itu harus diakhiri. bangsa-bangsa harus bersatu dan bekerja sama dalam menciptakan kecukupan dan ketahanan pangan secara luas sehingga tidak ada lagi seorangpun yang merasa lapar atau tidak mampu memenuhi kebutuhan pangannya. 

Indonesia lanjutnya patut bersyukur karena pada tanggal 16 Juni 2013 lalu menerima Penghargaan dari FAO karena berhasil mengurangi angka kelaparan secara dratis yang sejalan dengan pencapaian Millenium Development Goals (MDGs). Terima kasih atas partisipasi rakyat Indonesia,tambahnya. 

Puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia ini juga diisi Presiden bersama rombongan dengan membuka Pameran dan Gelar Teknologi yang dilaksanakan di Areal TVRI tersebut, dalam kesempatan itu Presiden memuj penampilan berbagai hasil karya dan teknologi.