Puasa Senin-Kamis Gubernur Sumbar Perlu Diteladani

Artikel Yal Aziz(Tenaga Artikel) 17 September 2020 14:11:45 WIB


Puasa Senin-Kamis Gubernur Sumbar Perlu Diteladani

Oleh Yal Aziz

IBADAH puasa selain bermanfaat untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah, ternyata ibadah puasa ditinjau dari sisi medis atau kesehatan, juga  banyak manfaatnya.  Seperti dapat membantu hati dan ginjal untuk memaksimalkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh (detoksifikasi). Kenapa? Karena selama berpuasa, tubuh menggunakan simpanan glukosa untuk menghasilkan energi dan sangat bermanfaat untuk menurunkan gula darah dan tekanan darah bahkan mengendalikan berat badan.

Kemudian berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat membantu menurunkan efek peradangan dan alergi. Bahkan ibadah puasa terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, sekaligus meningkatkan jumlah koleserol baik untuk kesehatan jantung.

Yang tak kalah pentingnya, ibadah puasa bisa menjadi momen yang tepat untuk menghentikan kebiasaan merokok atau pecandu rokok berat. 

Selain itu, iabadah puasa juga bermanfaat bagi  tubuh karenaibadah puasa  akan melakukan membersihkan diri dari semua racun yang menumpuk. Kemudian juga mengurangi kadar gula dan lemak dalam tubuh. Menahan lapar dan haus selama kurang lebih 13 jam ternyata juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk itu kini, sudah saatnya kita rajin melaksanakan ibadah puasa senin-kamis dengan niat untuk kesehatan dan meningatkan ketaqwaan kepada Allah.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno termasuk hamda Allah yang selalu membiasaan diri melaksanakan ibadah puasa senin-kamis. Bahkan, ada kelompok pendukung Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang juga taat melaksanakan ibadah puasa Senin-Kamis. 

Yang hebatnya, setiap Senin-Kamis, para pendukug dan sahabat Irwan Prayitno akan melaksanaan shalat berjemaah setelah melepaskan ibadah puasa dan dilanjutkan dengan makan malam bersama. Kegatan ini dilakukan dua kali dalam seminggu. 

Hingga kini, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno masih melaksanaan ibadah puasa Senin-Kamis, meskipun sudah tak ada lagi acara berbua bersama, karena kesibukan masing-masing. namun semua anggota Tim Puasa, masih giat melaksanakan ibadah puasa Senin-Kamis tersebut.

Kedepan tentu kita berharap, agar kebiasaan puasa Senin-Kamis Gubernur Sumbar  ini menadi budaya bagi seluruh ASN yang bertugas di Rumah Bagonjong sebutan khusus Kantor Gubernur Sumbar tersebut. Begitu juga dengan masyarakat Minang yang beragama Islam.Semoga? (penulis wartawan tabloidbiak.com)