Berkebun Sayur Diperkarangan Rumah

Artikel Yal Aziz(Tenaga Artikel) 17 September 2020 15:37:09 WIB


Berkebun Sayur Diperkarangan Rumah

Oleh Yal Aziz

 

"Tanah kita tanah surga

Tongkat kayu dan batu jadi tanaman."

Bait lagu yang dilantunkan penyanyi legendari Koes Plus tersebut ada baiknya juga cermati dan hanyati serta kita buktikan. Caranya tentu dengan melakukan upaya bercocok tanam senjenis sayuran yang bermanfaat untuk kebutuhan rumah tangga.

Yang jelas bagi para pecinta tanaman, pasti menanam sayur di pekarangan rumah merupakan salah satu hobi atau kesenangan, karena tanaman sayuran selain memiliki nilai estetika yang tinggi karena bentuknya yang indah, juga akan memberikan keuntungan, terutama pada masa-masa panen. Maksudnya dalam masa panen, sayuran tersebut bisa dikonsumsi sendiri ataupun bisa kita jual, sehingga mendapatkan untung.

Untuk menekan biaya, berkebun di pekarangan rumah bisa menggunakan botol bekas, polybag, bambu, gedebog pisang, atau bisa ditanam secara vertikal.  

Metode bertanam unik dan juga sederhana dengan memanfaatkan botol bekas, tentu saja akan mendapatkan berbagai keuntungan. Botol minuman merupakan suatu barang yang dapat ditemukan dengan mudah dimana saja. Selain itu, menanam sayur dengan botol tidak memerlukan peralatan yang canggih dan juga ramah lingkungan tentunya.

Pada dasarnya, hampir semua jenis tanaman sayur bisa dibudidayakan dengan menggunakan botol bekas. Soalnya, menanam tanaman sayur yang memiliki usia pendek, namun memiliki batang yang tidak besar seperti bayam, cabe, kangkung, terong, tomat, sawi, dan lain-lain. Dengan usia yang pendek, maka kita bisa segera memanen hasilnya dan menggantinya dengan tanaman sayur yang baru.

Kemudian, gunakan potongan botol yang ada bagian dasar botolnya. Hindari menggunakan potongan botol yang ada tutup botolnya. Setelah itu, mulailah memasukkan media tanam seperti tanah dan juga pupuk kandang ke dalam botol tersebut dengan rasio 1:1.

Jika sudah, kita bisa memasukkan bibit sayuran ke dalamnya dan timbun lagi akar bibit tersebut dengan tanah dan juga pupuk kandang. Mulailah proses perawatan dengan menyiramnya sehari sekali. Jangan lupa juga untuk memberikan pupuk kompos setiap sebulan sekali untuk mendukung tumbuh kembang tanaman.

Selain dengan memanfaatkan botol bekas, Anda juga bisa melakukan penanaman tanaman sayur dengan memanfaatkan bambu. Nah, penanaman tanaman dengan bambu ini juga sangat praktis, karena bambu juga tergolong mudah didapatkan. Keuntungan lain membudidayakan tanaman sayur dengan bambu adalah kita dapat menanam tanaman sayur tersebut secara horizontal ataupun vertikal.

Cara yang lainnya, seperti ketika menggunakan botol bekas, umumnya jenis tanaman sayur yang bisa dibudidayakan dengan media tanam berupa bambu adalah tanaman dengan usia yang pendek dan juga batang yang tidak terlalu kokoh. Penasaran dengan langkah-langkah cara bertanam sayur di rumah dengan memanfaatkan bambu.

Caranya, sediakan sebilah bambu dengan panjang yang diinginkan  dan gunakan kayu, bambu, atau apapun itu untuk menyangga bambu tersebut secara horizontal. Setelah itu, lubangi bagian sambungan bambu dengan menggunakan pisau. Nah, lebar lubang ini kiranya disesuaikan dengan besar tanaman yang akan ditanam.

Setelah itu,  kita bisa memulai dengan memasukkan media tanam seperti tanah dan juga pupuk kandang ke dalam lubang tersebut dengan rasio 1:1, namun jangan sampai lubang terisi penuh dan selanjutnya tanam bibit ke dalam lubang yang sudah terisi tanah dan pupuk kandang, kemudian timbun akar bibit tanaman dengan tambahan tanah dan pupuk kandang hingga lubang terisi penuh. 

Kemudian lakukan perawatan dengan penyiraman secara berkala sehari sekali dan pemupukan pupuk kompos sebulan sekali. Selamat mencoba. (Penulis waratwantabloidbijak.com).