PENCANANGAN KKG PKK KB KESEHATAN DI SOLOK SELATAN

Artikel Zakiah(Tenaga Artikel) 23 November 2020 09:40:10 WIB


Bertempat di  Lokasi Hot Water Boom Nagari Pauh Duo Nan Batigo Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan, Selasa 17 November 2020, Bapak Gubernur Provinsi Sumatera Barat , Prof.Dr.H.Irwan Prayitno,Psi,MSc secara resmi membuka acara Kesepakatan dan Pencanangan kesatuan gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)- Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)- Kesehatan Tahun 2020.

Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-KESEHATAN tahun 2020 ini bertemakan “Kita Perkuat Program Bangga Kencana di Kampung KB Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi Covid-19.

Hadir dalam pencanangan ini diantaranya Pjs. Bupati Solok Selatan, Bapak Jasman, Wkl Ketua II TP PKK Provinsi Sumatera Barat  ,Ny.Elinda Alwis beserta Pjs. Ketua TP- PKK Kabupaten Solok Selatan Ny. Lasta Jasman  serta jajaran TP-PKK.

Bapak Gubernur dalam sambutannya menyampaikan bahwa KKG PKK KKBPK Kesehatan merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu oleh Tim Penggerak PKK bersama OPD terkait dan melibatkan seluruh komponen masyarakat baik formal maupun non formal.

“Dalam pelaksanaan kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan telah banyak menunjukan nilai positif dan hasil yang nyata di tengah masyarakat serta mendapatkan pengakuan yang luas sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga” ungkap Prof.Irwan Prayitno.

Beliau juga berharap, dengan dilaksanakannya PKK-KB-Kesehatan di Kabupaten Solok Selatan agar seluruh anggota PKK untuk tidak bosan memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada keluarga dan masyarakat akan pentingnya program KB dan Kesehatan dalam meningkatkan taraf ekonomi dan status gizi khususnya anak dan balita keluarga Pra KS dan KSI.

Sementara itu PJS Bupati Solok Selatan, Bapak Jasman mengatakan, “Untuk mewujudkan peningkatan taraf ekonomi dan status gizi, TP-PKK bersama Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bertekad untuk berperan aktif ditengah-tengah masyarakat dalam upaya untuk mencapai hasil yang maksimal melalui momentum KKG PKK KKBPK Kesehatan ini.

Selain itu, beliau yang juga Juru Bicara Covid-19 Sumbar, menyampaikan di masa pandemi Covid 19 sebagai upaya mengurangi penyebarannya, sehingga segala macam bentuk kegiatan yang menimbulkan kerumunan untuk diminimalisir.

Bapak Jasman juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dan seluruh OPD terkait beserta seluruh masyarakat sangat mendukung kegiatan KKG KKBPK Kesehatan ini, karena melalui kesatuan gerak ini, semua bisa bersama-sama mensukseskan program KKG PKKBPK Kesehatan demi terwujudnya Kesejahteraan masyarakat.

Pjs. Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Selatan, Ny. Lasta Jasman dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan KKG PKK KKBPK Kesehatan Tkt Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan Oktober s/d Desember 2020, untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan yaitu ;1. Program PKK ;2. Program Bangga Kencana ; 3. Program Kesehatan.

“Semua target dan sasaran yang ditetapkan mengacu pada kondisi capaian riil dimasing-masing OPD. Keberhasilan KKG PKK KKBPK Kesehatan di Tahun 2020 ini tentu tidak lepas dari pembinaan oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat, BKKBN, dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat” ungkap Ny.Lasta Jasman.