Yok Ajak Anak Saksikan Qori dan Qoriah Bertanding di MTQN ke-XXVIII

Artikel Yal Aziz(Tenaga Artikel) 23 November 2020 10:03:00 WIB


Oleh Yal Aziz

SECARA fakta, Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam yang harus dibaca, dipelajari, dan dipahami untuk kebaikan dunia-akhirat. Kemudian Al-Quran bagi umat Islam juga menjadi pedoman hidup agar selalu berada di jalan yang sesuai ajaran Allah. 

 

Untuk itu, mengenalkan anak tentang Alquran sejak dini sangatlah  penting sebelum sulit menyerapnya ketika mereka beranjak dewasa. Tapi perlu juga diingat, untuk mengenal dan menganjurkan anak membaca Alquran tentu harus menyenangkan hatinya.

 

Kemudan harus ada metode yang seru, agar bisa memuaskan anak. Adapun cara mengajarkan anak agar cinta Alquran sejak dini yang pertama adalah mendengarkan Alquran pada saat anak masih bayi.

 

Maksudnya, setelah anak lahir,  orangtuanya bisa mencoba untuk memperdengarkan Alquran baik di rumah ataupun di mobil. Tujuannya agar telinga anak akrab dengan ayat-ayat yang dibacakan atau yang diperdengarkan. Apalagi dengan  mendengarkan ayat suci Alquran dapat menenangkan dan membuat bayi tidur nyenyak.

 

Selanjutnya setelah anak berusia lebih besar, sangat baik  untuk mengajarkan mereka untuk cinta Al-Quran. Kemudian mengajarkan mereka cara membaca, memahami, maupun mengamalkannya.

 

Kini mumpung Sumatera Barat menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQN XXVIII, alangkah baiknya anak-anak diajak untuk menyaksikan para qori dan qoriah dari berbagai provinsi berlomba untuk menjadi yang terbaik.

 

Kemudian, tak ada salahnya juga para guru agama mengajak anak didiknya untuk ikut menyaksikan jalannya lomba MTQN ini. Tujuanya tentu, agar anak didik tahu dan paham bagaimana sebuah pertandingan atau lomba. 

 

Yang tak kalah pentingnya, tentu agar anak-anak termotifasi menjadi qori dan qoriah yang selanjutnya akan menjadi pembaca Al-Quran terbaik, di sekolahnya atau ditingkat kecamatan dan selanjutnya menjadi qori dan qoriah yang bisa mewakili Sumatera Barat di MTQN berikutnya. Semoga (Penulis wartawan tabloidbija.com)