Kunjungi Kabupaten Solok dan Sawahlunto, Tim Provinsi Cek Kesiapan Pilkada

Kunjungi Kabupaten Solok dan Sawahlunto, Tim Provinsi Cek Kesiapan Pilkada

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 04 Desember 2020 16:31:43 WIB


Jelang pemungutan suara Pilkada serentak 2020 yang akan dilangsungkan tanggal 9 Desember mendatang, Tim pemantauan pilkada 2020 provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan ke beberapa kabupaten/kota di Sumbar. Rabu (03/12), Tim VII yang dipimpin oleh Plt. Kajati Sumbar, Yusron, melakukan pemantauan dan kunjungan ke kabupaten Solok dan kota Sawahlunto. Di Solok, tim diterima oleh Sekda Kab. Solok, Aswirman, beserta Forkopimda dan jajaran OPD maupun penyelenggara pilkada yakni KPU dan Bawaslu setempat. Pada pertemuan dengan Pemkab Solok dan jajarannya, Ketua Tim VII, Yusron, mengatakan bahwa seluruh penyelenggara pilkada di daerah harus berkomitmen melaksanakan pilkada dengan optimal, khususnya ditengah pandemi Covid 19.

Menanggapi hal tersebut, Sekda Kab Solok, Aswirman, mengatakan bahwa secara umum kabupaten Solok siap untuk melaksanakan pemungutan suara pada tanggal 9 Desember mendatang. Terkait kesiapan logistik, disebutkan bahwa logistik pilkada saat ini sudah berada di gudang KPU. Untuk surat suara sedang dalam proses sortir dan lipat dan siap untuk didistribusikan ke kecamatan dan TPS TPS. Pihak penyelenggara juga telah mengantisipasi apabila ada surat suara yang kurang atau rusak, termasuk untuk persiapan Pemungutan Suara Ulang (PSU), meski sejauh ini belum ada indikasi tersebut di kabupaten Solok.

Pemkab Solok bersama penyelenggara pilkada juga telah mempersiapkan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas yang siap didistribusikan ke kecamatan kecamatan. Seluruh petugas penyelenggara serta pengawas TPS juga sudah dan sedang menjalani rapid test sebagai antisipasi penyebaran Covid 19 di TPS TPS. Apabila ada petugas yang hasil rapidnya reaktif maka akan dilanjutkan dengan swab PCR. Sekda Kab. Solok menegaskan bahwa sejauh ini situasi dan kondisi di Solok relatif kondusif. Dari sisi pengamanan, Polres setempat bersama jajarannya telah menyiapkan personil dan simulasi pengamanan kota untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan.

Usai mengadakan pertemuan dengan Pemkab Solok, tim melanjutkan kunjungan ke kota Sawahlunto. Disambut oleh Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, Forkopimda, jajaran OPD dan KPU serta Bawaslu setempat. Pada pertemuan tersebut, Pemko dan penyelenggara Pilkada mengekspos persiapan pelaksanaan pilkada, penerapan protokol kesehatan dan kesiapan pengamanan jelang hari H dan pada saat pemungutan suara. 

Selain ke kabupaten Solok dan kota Sawahlunto, tim pemantauan persiapan Pilkada juga melakukan kunjungan ke Agam, Pariaman, Sijunjung, Lima Puluh Kota, Bukittinggi dan lainnya. Pemantauan dilakukan untuk mengetahui kesiapan pelaksanaan pilkada di kabupaten/kota , khususnya pada masa pandemi Covid 19 di Sumbar saat ini.