Tim Pemantauan Pilkada Provinsi Sumbar Cek Kesiapan Pilkada di Dharmasraya

Tim Pemantauan Pilkada Provinsi Sumbar Cek Kesiapan Pilkada di Dharmasraya

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 05 Desember 2020 18:23:33 WIB


Tim pemantauan Pilkada Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan ke kabupaten Dharmasraya pada Rabu (03/12). Tim yang dipimpin oleh Danrem 032 Wirabraja ini diterima oleh Pemkab Dharmasraya bersama penyelenggara Pilkada yakni KPU dan Bawaslu setempat, beserta jajaran Forkopimda Kab. Dharmasraya dan OPD lainnya. Pada kesempatan itu, Sekda Kab. Dharmasraya, Adlisman, mengatakan bahwa Pemkab Dharmasraya menyambut baik kedatangan tim provinsi untuk mengecek langsung kesiapan Pilkada di daerah tersebut.

Senada dengan hal tersebut, Ketua KPU Kabupaten Dharmasraya, Maradis, memaparkan kepada tim bahwa dalam tahapan pilkada ini sudah ditetapkan pasangan calon dan sekarang sedang berlangsung masa kampanye. KPU Dharmasraya juga sudah memfasilitasi pelaksanaan debat publik sebanyak 2 kali yang berjalan dengan lancar. Ketua KPU juga menyampaikan bahwa seluruh rangkaian tahapan pilkada yang dilakukan sejak awal sampai saat ini tidak mengalami hambatan dan kendala berarti. Ia menambahkan, pada hari pencoblosan nanti, pihak penyelenggara akan menggunakan protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku.

Sementara itu, komisioner Bawaslu Kab. Dharmasraya, Alde Rado, mengatakan bahwa dari segi pengawasan ingga saat ini  tidak  terjadi pelanggaran signifikan yang dilakukan oleh pasangan calon maupun tim sukses. Kendati begitu, pihaknya sempat beberapa kali melayangkan teguran tertulis bagi kedua pasangan calon di kabupaten Dharmasraya. 

Sementara itu, Kabag Ops Polres Dharmasraya, Kompol A. Rivai, menyebutkan bahwa keadaan kamtibmas di Dharmasraya relatif terkendali. Dalam bekerja, pihaknya mengedepankan sinergitas antara TNI, Polri beserta satpol PP. Ia juga mengatakan bahwa dalam seluruh tahapan pilkada dimana saat ini memasuki masa kampanye, situasi dan kondisi di Dharmasraya dalam keadaan terkendali. Pihaknya selaku jajaran keamanan senantiasa mengawal jalannya kampanye dari dua pasangan calon. Meski terdapat beberapa TPS yang terindikasi rawan, khususnya menyangkut TPS yang terletak di perbatasan Dharmasraya dan Sijunjung, Polres Dharmasrya sudah berkoordinasi bersama Polres Sijunjung dan mengadakan pertemuan dengan tokoh masyarakat dan walinagari yang berada di perbatasan.

Di sisi lain, Dandim 0310 SSD,Letkol Inf. Endik Hendrasandi mengatakan  bahwa TNI  dan Polri siap mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020. Pihaknya juga sudah siap memberikan bantuan apabila di salah satu TPS terjadi bencana atau halangan lainnya. Ia melanjutkan bahwa seluruh personil Kodim 0310 SSD siap mengamankan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 ini. 

Menanggapi hal tersebut, Ketua Tim Provinsi mengatakan bahwa pihaknya betul betul berharap bahwa pelaksanaan pilkada 2020 dapat berjalan dengan lancar dan aman. Semua pihak harus mengantisipasi keadaan agar tidak terjadi kegaduhan, kerusuhan apalagi anarkisme. Apabila diketahui ada potensl konflik di daerah tersebut, maka pihak pihak terkait dan berwenang harus segera menyelesaikannya sehingga tidak meluas dan berkembang menjadi konflik yang dapat menggangu jalannya pilkada.