Mencoblos,Pemilih Gunakan Sarung Tangan

Berita OPD Desi Marlinda(Diskominfo) 10 Desember 2020 13:42:52 WIB


Pesisir Selatan -- Serentak hari ini (9/12) dilakukan di seluruh Indonesia dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) termasuk di Pesisir Selatan  sendiri.Karena pilkada dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, protokol kesehatan diterapkan sangat ketat. 

Seperti menyediakan tempat mencuci tangan air mengalir dan wajib mengenakan masker. Warga sebelum memasuki TPS, diukur suhu tubuhnya menggunakan thermo gun oleh petugas KPPS.

Bahkan KPU kabupaten/kota, dan provinsi selaku penyelenggara pilkada menyediakan sarung tangan plastik kepada warga dan calon kepala daerah yang akan menggunakan hak pilihnya. Sarung tersebut disediakan KPPS di TPS. 

Warga dan calon kepala daerah yang mempunyai hak suara, sebelum mengisi buku tamu, akan diberikan sarung tangan plastik dan wajib mengenakannya. Begitu juga dengan pulpen yang digunakan warga, harus dibawa dari rumah. KPPS tidak menyediakan pulpen.

Aturan itu dilaksanakan warga dan calon kepala daerah yang menggunakan hak pilihnya. Mereka memakai masker dan mengenakan sarung  tangan.

Ketua KPU Kabuapten Pesisir Selatan Epaldi Rabu (9/12) mengatakan bahwa penerapan protokol kesehatan dilakukan kepada warga yang menggunaka hak pilihnya. Sebelum memasuki TPS, warga akan diukur suhu tubuhnya menggunakan thermo gun, mencuci tangan, mengenakan sarung tangan plastik, memakai masker, dan membawa pulpen sendiri.

“Alhamdulillah tidak ada masyarakat yang komplen dan semuanya berjalan lancar,hingga proses penghitungan suara,"ujarnya