Wagub Audy Joinaldy Dukung Pemanfaatan Teknologi Digital Bagi UMKM

Wagub Audy Joinaldy Dukung Pemanfaatan Teknologi Digital Bagi UMKM

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 06 Mei 2021 22:17:23 WIB


Padang, Diskominfo

 

Era revolusi industri 4.0 merupakan masa perkembangan teknologi digital menjadi kunci dari pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut mendorong pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana meningkatkan promosi dan pemasaran.  

Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy saat menjadi keynote speaker pada acara Talkshow Digital Marketing 'Yuk Pahami SEO, SEM, dan Brand Awareness untuk UMKM' yang diadakan di Hotel Mercure Padang, Kamis (6/5) sore.

Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah Search Engine Optimation (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). SEO dan SEM dibutuhkan untuk memperluas jaringan bisnis di dunia online.  

"Berhasilnya strategi marketing menggunakan SEO dan SEM akan berhubungan dengan timbulnya brand awareness. Apabila konsumen sudah aware dengan produk atau jasa yang kita ditawarkan, pastinya akan berkesinambungan dengan peningkatan penjualan," ucap wagub.

Dikatakannya, saat ini teknologi telah selaras dengan UMKM, baik usaha kecil maupun usaha rumah tangga. Esensi 4.0 menyebabkan segala sesuatu terkoneksi dengan internet.

Tak dipungkiri, berkah pandemi berdampak pada percepatan digitalisasi di Indonesia. Jika sebelumnya usaha bergerak secara konvensional dimana proses jual beli lebih terarah pada proses tatap muka atau mengandalkan media TV, radio, koran, majalah, brosur atau flyer. Dengan adanya digitalisasi proses tersebut bergeser dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial. 

"Hampir semua pelaku usaha beralih 'manggaleh' (berjualan.red) online. Mungkin 4 tahun kedepan seluruh lini bisnis sudah digitalize," tambah Audy.

Berbicara mengenai Brand Awareness, pemilik enam gelar akademik ini mengatakan, merek dagang terletak dipuncak piramida suatu produk. Agar brand tersebut benar-benar dikenal dibutuhkan biaya, waktu, tenaga dan pikiran. 

"Memang sulit membangun brand sehingga dapat dikenal. Tapi semua tentu ada jalan. Saya harap lewat talkshow digital marketing ini, para narasumber bisa memberi jalan dan ilmu kepada peserta dalam mengoptimalisasi sesuatu agar lebih berharga, khususnya untuk packaging brand," pungkas Wagub Audy.

Sementara itu, Inspektur IV Kemenkominfo RI Fajar Budiantoro menyebut, tujuan talkshow ini adalah memberikan pengetahuan literasi digital kepada masyarakat khususnya mengenai pemanfaatan teknologi digital marketing untuk meningkatkan penjualanproduk/jasa dan brand awareness masyarakat bagi pelaku UMKM. Lewat talkshow, UMKM diharapkan dapat memiliki strategi baru dalam pengembangan bisnis khususnya dizaman 4.0 ini.

Dia menambahkan, talkshow ini merupakan kolaborasi kegiatan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama Relawan TIK dan Siber Kreasi. Talkshow diselenggarakan dengan hybrid even dimana menghadirkan 50 peserta secara offline dan juga online via zoom meeting. (JR/EK)

 

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat