Pembudidaya Ikan Sukses

Berita Utama NONONG HANUGRAH, A.Md(Dinas Kelautan dan Perikanan) 21 Februari 2014 01:56:55 WIB


 

Pembudidaya Ikan Sukses

Budidaya ikan merupakan salah satu usaha yang sangat baik untuk dikembangkan pada masa kini, mengingat ke depan masih memiliki pangsa pasar yang menjanjikan. Disamping itu juga memiliki ketahanan pangan dalam mengawal kehidupan dimasa depan. Dengan mempertimbangkan besarnya potensi lahan perairan, tingginya keragaman sumberdaya hayati, serta ketersediaan banyak pilihan tehnologi, perikanan budidaya menyediakan peluang yang apabila dimanfaatkan secara bijak dapat menyediakan lapangan usaha dan menyerap tenaga kerja bagi masyarakat, mengentaskan kemiskinan, ketahanan pangan, sumber devisa dan berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Sukses dalam berbisnis adalah suatu keharusan bagi orang-orang yang mendalami dunia bisnis tak kecuali dalam bidang budidaya. Usaha komoditas budidaya menjadi salah satu kesuksesan dalam usaha berbisnis pembudidaya.

Sebagai seorang pembudidaya ikan, harus memiliki banyak cara untuk menuju sukses. Untuk bisa menuju puncak sukses dalam budidaya ikan diantaranya dengan memiliki sejumlah pelanggan, prosentase net profit dari pasar, periode dalam menjalankan usaha budidaya ikan, jumlah pegawai/karyawan yang dimiliki, serta berbagai kombinasi lainnya. Terlepas dari beberapa hal tadi pada umumnya pembudidaya sukses harus memiliki 5 elemen kunci dalam menuju sukses seperti dibawah ini.

1. Perencanaan yang Matang

Dengan memiliki perencanaan matang pembudidaya tidak akan ragu-ragu dalam budidaya ikan. Pembudidaya memiliki peluang kecil untuk mencapai sukses tanpa perencanaan matang, banyaknya pembudidaya ikan baru yang gagal dalam bisinis budidaya ini adalah tidak adanya antisipasi mereka dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah karena memang mereka tidak ada perencanaan sebelumnya.

2. Menetapkan tujuan dari budidaya ikan

Selain dengan perencanaan budidaya ikan sepertia di atas, pembudidaya juga harus menetapkan tujuan dari budidaya ikan tersebut, apakah hanya hobi, iseng atau hobi tapi ingin menghasilkan atau juga memang ditujukan untuk bisnis. Apabila pembudidaya mempunyai tujuan ingin sukses, maka harus menetapkan tujuan yang pasti sebelum benar-benar terjun dalam dunia budidaya ikan ini. Tetapi sebenarnya inti dari tujuan yang dapat menjadikan sukses dalam budidaya adalah menetapkan dan mengerjakannya dengan selalu mengikuti alur perkembangan budidaya dan selalu berharap serta berusaha menjadi lebih baik

 

3. Adaptasi dengan situasi bisnis budidaya ikan

 

Dalam menjalankan bisnis budidaya ikan atau setiap bisnis apapun jenisnya, pembudidaya harus siap menghadapi tantangan dan persaingan yang tidak ada habisnya dan selalu menjengkelkan. Untuk itu diperlukan kemampuan dan ilmu budidaya ikan yang mapan untuk beradaptasi dan mengatasi tantangan serta rintangan dalam budidaya ikan serta dapat menentukan apakah bisnis ini bisa bertahan atau tidak. Banyak para pembudidaya gagal dalam tahap adaptasi ini dikarenakan tidak mampu atau tidak mau beradaptasi pada perubahan setiap detiknya.

4. Inovasi dan kreativitas

Inovasi dan kreativitas ini lebih penting daripada hanya sekedar mampu untuk beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar budidaya ikan, bagi para pembudidaya yang sukses akan terus-menerus fokus pada upaya untuk berinovasi serta peningkatkan hasil budidaya ikan dengan baik, membuat inovasi dan kreatifitas untuk keluar dari persaingan budidaya ikan yang cukup ketat pada saat pelanggan mencari apa yang mereka butuhkan dan pada akhirnya mereka menemukan inovasi terbaru dan kreatifitas baik.

 

5. Pemasaran secara konstan pada bisnis budidaya ikan

Pemasaran ini sebenarnya adalah hal yang paling gampang bila pembudidaya sudah siap dengan segala inovasi dan kreatifitas untuk bersaing di pasaran, dengan mengetahui ilmu Marketing maka pembudidaya tidak lagi akan kesulitan dalam pemasaran hasil budidaya ikan, diketahui bahwa marketing atau memasarkan hasil budidaya ikan tidak hanya sekedar menjual atau mengiklankan saja namun segala sesuatu yang dikerjakan serta dihadapi itu sudah merupakan usaha untuk menjadi marketing.

Lima kunci sukses untuk budidaya ikan diatas wajib dimiliki setiap pembudidaya karena merupakan hal penting untuk meraih sukses dalam budidaya ikan, hal tersebut tentunya harus dibarengi dengan kerja keras, berpikir dan terus belajar untuk mendapatkan keterampilan dalam budidaya ikan ini.

Dalam rangka pemberdayaan pembudidaya ikan ataupun kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) dan sebagai salah satu sarana pembinaan kepada kelompok serta untuk penyebarluasan informasi usaha perikanan budidaya yang telah sukses di kabupaten/kota perlu dipublikasikan pembudidaya yang telah sukses di daerahnya sehingga dapat menjadi penggerak dan motivasi bagi pembudidaya lainnya yang ada di Sumatera Barat. Adapun pembudidaya yang telah sukses di Sumatera Barat adalah :

1. Pokdakan Tangguak Rapek di Kabupaten Lima Puluh Kota.

2. Pokdakan Nirwana di Kabupaten Lima Puluh Kota.

3. Pokdakan Harapan Jaya di Kabupaten Lima Puluh Kota

4. UPR Junior Gurami di Kabupaten Padang Pariaman.

5. Pembudidaya Gurami (Syahrul Syah) di Kab. Pdg Pariaman.

6. Pokdakan Hydral di Kota Padang Panjang.

7. Pokdakan Lembah Sejahtera di Kota Padang Panjang.

8. Pokdakan Mina Maju Sejahtera di Kabupaten Pasaman.

9. Pokdakan Tunas Karya di Kabupaten Sijunjung.

10. Pembudidaya Franky di Kota Padang.