Mahyeldi: Perantau Sukses Jangan Lupa Bangun Kampung

Mahyeldi: Perantau Sukses Jangan Lupa Bangun Kampung

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 12 November 2021 19:44:37 WIB


Tidak dipungkiri, perantau merupakan kekuatan yang sangat potensial dalam menumbuh kembangkan dan memberdayakan perekonomian dan pembangunan di Sumatera Barat (Sumbar). Hal itu disampaikan Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi saat bersilaturahmi dengan tokoh perantau Minang di Kota Pekanbaru, Jumat (12/11/2021).

Hadir dalam silaturahim dalam suasana akrab di Pondok Patin HM.Yunus tersebut, diantaranya Wakil Walikota Pekanbaru yang merupakan urang sumando, pengurus Ikatan Keluarga Minang Riau, Bapak Tulus, sejumlah pengurus Ikatan Keluarga Luhak Agam serta sejumlah pengusaha Minang di Pekanbaru.

Dalam sambutannya, Buya Mahyeldi berharap, melalui pertemuan-pertemuan dengan perantau bisa terbangun komunikasi dan sinergitas berbagai potensi positif yang bisa dikembangkan di kampung halaman.

"Perantau-perantau sukses, saya harap 'jan lupo jo kampuang' (jangan lupakan kampung). Kalau rantau bisa dibangun, kampung juga dibagi. Banyak hal yang bisa dikembangkan dan kita harapkan perantau menjadi bahagian melancarkan upaya upaya ini," harap Buya Mahyeldi.

Lebih lanjut, gubernur memaparkan potensi nagari atau desa wisata yang saat ini sedang tumbuh di Sumbar. Sedikitnya terdapat 100 nagari wisata yang saat ini butuh sentuhan dari perantau.

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi juga mengapresiasi keberadaan perantau Minang yang telah memberi kontribusi besar bagi perekonomian Pekanbaru. Ia bahkan menawarkan para pengusaha Minang bisa mengelola pasar ikan di kawasan belakang Hotel Pangeran Pekanbaru yang saat ini masih belum maksimal pemanfaatannya.(doa/MMC)

Diskominfotik Sumbar