1st Sumatera Barat Young Koi Show 2022

1st Sumatera Barat Young Koi Show 2022

Berita OPD Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 20 Maret 2022 12:09:34 WIB


1st Sumatera Barat Young Koi Show 2022 berlangsung selama 2 (dua) hari 19-20 Maret 2022 di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat. Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Dr. Ir. Desniarti, MM, mewakili Gubernur Sumatera Barat.

 

Gubernur mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi  Panitia pelaksana dari komunitas Pondok Koi Sumatera yang menyelenggarakan acara ini, ajang ini pertama kali dilakukan dan tentunya ada yang kedua, ketiga dan seterusnya dan DKP akan selalu mensupportnya”, ujar Kadis DKP dalam sambutannya mewakili Gubernur Sumatera Barat.

 

Penyelenggaraan Young Koi Show ini sejalan dengan program DKP Sumbar yang ingin mengembangkan potensi kelautan dan perikanan di Sumatera Barat, baik itu produk perikanan konsumsi maupun non konsumsi.

Hal ini  sejalan untuk mendukung salah satu program unggulan Kepala Daerah yaitu Sumbar Sejahtera Melalui Peningkatan Pendapatan Masyarakat, termasuk pelaku usaha kelautan dan perikanan. Produk perikanan non konsumsi seperti ikan hias koi, koki, ikan cupang sudah banyak diusahakan dan dilombakan diberbagai kontes.

 

“Melalui ajang lomba ini juga akan memotivasi pembudidaya koi untuk lebih mengembangkan jenis dan kualitas ikan koi, kalau selama ini ikan koi yang cantik dan indah didatangkan secara impor dari Jepang, diharapkan kedepannya ikan-ikan koi lokal lebih berkembang lagi, pelaku atau penghobby koi di Sumatera Barat lebih banyak lagi” harap Kadis DKP.

 

Ajang ini juga menjadi ajang pembelajaran, saling berbagi informasi dan pengalaman di antara peserta untuk pengembangan koi, hal ini sesuai dengan tema yang diambil oleh Panitia, "merajut silaturrahmi melalui koi".

 

Selanjutnya juga untuk evaluasi  perbaikan mutu koi yang dimiliki dengan melihat kelebihan atau keunggulan dari ikan koi yang menjadi pemenang lomba besok serta akan meningkatkan minat masyarakat terhadap ikan Koi.

 

Young Koi Show 2022 ini diikuti lebih dari 500 jenis koi, 150 lebih peserta yang datang dari P. Jawa, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan dari Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat dan Tim Juri yang sudah berpengalaman dari Jakarta dan Sumatera Barat.

 

#SuksesuntukYoungKoiShow2022