Tim Safari Ramadhan Gubernur Kunjungi Masjid Tazkir di Nagari Koto Tinggi

Tim Safari Ramadhan Gubernur Kunjungi Masjid Tazkir di Nagari Koto Tinggi

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 30 April 2022 11:46:48 WIB


 

50 Kota, April

 

Tim Safari Ramadhan Gubernur Sumbar yang diwakili Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Amasrul, SH mengunjungi Masjid Tazkir di Jorong Aia Angek, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota, Jum'at (29/4/2022) malam.

 

Tim yang dipimpin Amasrul, SH ini terdiri dari Kakanwil Kemenag Sumbar Dr. Helmi, Direksi Bank Nagari, Kadis Perkebunan Ir. Syafrizal, Kabid UEM dan KP Mahdianur, SE.MM., Kabid Pemnag Dinas PMD Sumbar Desrianto Boy, S.Pd.M.Si., dan Kabag Kesra Biro Binsos Pemprov. Tim didampingi langsung oleh Bupati Limapuluh Kota Safarudin Dt Bandaro Rajo.

 

Amasrul, SH dalam sambutannya menyampaikan pesan-pesan Gubernur Sumbar Mahyeldi agar selalu menjaga kebersamaan dan kekompakan di nagari sehingga tercipta situasi yang kondusif di masyarakat. Sehingga apapun ancaman memecah belah dan paham aneh-aneh akan mudah ditangkal oleh masyarakat.

 

Masyarakat Minangkabau tidak akan mudah terpengaruh dan terpancing oleh isu-isu yang belum jelas kebenarannya. Karena sifat orang Minangkabau sejak dahulu selalu baiyo batido dalam masyarakat. "Mudah mudahan kearifan lokal masyarakat Minangkabau yang luhur itu selalu dipelihara dalam masyarakat," kata Amasrul lagi.

 

Karena dalam beberapa hari lagi kita akan merayakan Idul Fitri 1443 H., Amasrul menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri dari Gubernur Mahyeldi dan sekaligus mohon maaf lahir dan batin. "Mari kita bergembira merayakan hari kemenangan, Bersilaturahmi dengan dunsanak yang di kampung dan yang pulang dari rantau. Namun diingatkan untuk tetap dalam batas-batas kesederhanaan dan menjaga protokol kesehatan," kata Amasrul, SH.

 

Keberadaan perantau yang pulang kampung tidak hanya bernilai silaturahmi, tetapi juga merupakan kekuatan dalam pembangunan kampung dalam. Potensi pemikiran dan potensi material dari perantau jika bisa dipelihara dan dimanfaatkan akan sangat dahsyat untuk percepatan pembangunan di nagari-nagari di Sumatera Barat.

 

Menurut Amasrul, kunjungan ke Masjid Tazkir di Nagari Koto Tinggi Limapuluh Kota ini adalah kunjungan yang terakhir dari Tim Safari Ramadhan 1443 Pemprov Sumbar. Tentunya kegiatan yang sangat positif ini, untuk menampung masukan dan menjelaskan program-program unggulan Pemprov ini, akan terus berlanjut pada tahun-tahun mendatang.

 

Sementara itu Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menyampaikan terima kasih atas kunjungan Tim Safari Ramadhan Gubernur ke Koto Tinggi. Karena sangat tepat membantu Masjid Tazkir ini, karena berada di kawasan yang bersejarah yaitu nagari yang menjadi pusat perjuangan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) dahulunya.

 

Pada kesempatan kunjungan Tim Safari Ramadhan ini, Amasrul SH menyerahkan bantuan Pemprov sebesar Rp50 juta untuk pembangunan masjid, bantuan 20 Al-Qur'an, dan juga ada bantuan Rp10 juta dari Bank Nagari. Semua bantuan diserahkan secara simbolis yang diterima oleh pengurus masjid. (GK)