Kader Posyandu Terdepan untuk Layanan Kesehatan Dasar Masyarakat

Kader Posyandu Terdepan untuk Layanan Kesehatan Dasar Masyarakat

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 26 Mei 2022 15:34:15 WIB


Padang, Mei

Posyandu adalah garda terdepan pelayanan kesehatan dasar dan sosial dasar masyarakat. Selain itu, Posyandu adalah wadah partisipasi masyarakat, yang menjadi mitra strategis pemerintahan kelurahan.

"Karena pentingnya Posyandu, maka Kader Posyandu menjadi penentu utama kesuksesan seluruh program pelayanan dalam mencapai Posyandu sebagai Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) seperti target kesusksesan yang diharapkan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH., Senin (23/5/2022) lalu.

Harapan Kadis PMD Sumbar ini diungkapkan ketika membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas Pokja Pokjanal, Pokja Posyandu dan Kader Posyandu Angkatan IV Tahun 2022 se-Kota Padang di Grand Basko Hotel, Kota Padang.

Menurut Amasrul, yang juga mantan Sekda Kota Padang ini, kader Posyandu adalah ujung tombak dari seluruh pelayanan yang ada di Posyandu, sehingga berdampak positif pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Ujung-ujungnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

"Kader Posyandu memiliki posisi yang strategis dalam pencapaian angka indeks pembangunan manusia, penguatan sumberdaya manusia, dan kini berperan penting pula dalam penurunan angka stunting," kata Amasrul.

Tahun 2021 angka prevalensi stunting Sumbar sudah mengalami penurunan sebesar 4 persen, dari 27,3 persen menjadi 23,3 persen. Sumbar mengambil langkah berani menargetkan penurunan angka prevalensi stunting menjadi 11 persen pada tahun 2024, padahal target nasional sebesar 14 persen. Target ini membutuhkan kerjasama, kerja keras dan komitmen yang kuat dari semua pihak untuk bernama-sama membebaskan Sumbar dari permasalahan stunting.

Menurut Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Adat Dinas PMD Sumbar Evari Hamdiana, SKM.MM., peserta kegiatan ini berjumlah 134 orang yang berasal dari Kota Padang. Kegiatan peningkatan kapasitas ini berlangsung tiga hari, 23-25 Mei 2022. 

Nara sumber yang memberikan materi Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH., Anggota DPRD Sumbar Afrizal, SH.MH., Dinas Kesehatan Sumbar, Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand, Tim Percepatan Sumbar Madani, PKBI Sumbar dan motivator.

Harapan Kabid KMA, para peserta meningkat pengetahuan dan kemampuannya dalam pengelolaan Posyandu. "Jika wawasan Kader Posyandu yang ikut peningkatan kapasitas ini terbuka, maka akan lahir inovasi dan berbagai upaya untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," kata Evari Hamdiana, yang didampingi PSM Ahli Muda Drs. Akral, MM dan PSM Retta Tessia, SE. (GK)