Taratak Sungai Lundang Dinilai TIM Lomba Nagari Tingkat Provinsi Tahun 2022

Taratak Sungai Lundang Dinilai TIM Lomba Nagari Tingkat Provinsi Tahun 2022

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 14 Juni 2022 10:27:53 WIB


Pesisir Selatan, Juni

Dalam rangka penilaian kemandirian dan kesejahteraan nagari, desa dan kelurahan, maka atas petunjuk Kemendagri, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar mengadakan penilaian Lomba Desa, Nagari dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2022. 

Penilaian tingkat Provinsi Sumbar ini dilakukan langsung ke lapangan yaitu ke Nagari Taratak Sungai Lundang, Kecamatan Koto XI Tarusan yang merupakan utusan dari Kabupaten Pesisir Selatan, pada Senin (13/6/2022) pagi hingga sore.

Tim Penilai yang dipimpin Kadis PMD Sumbar yang diwakili Kabid Pemerintahan Nagari Desrianto Boy, S.Pd.M.Si ini disambut langsung oleh Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd., Camat Koto XI Tarusan, Muspika, Wali Nagari dan tokoh-tokoh masyarakat.

Menurut Kadis PMD, dasar hukum Lomba Desa, Nagari dan Kelurahan Berprestasi ini adalah Permendagri No. 81 Tahun 2015 yang tujuannya adalah untuk mengetahui efektivitas tingkat perkembangan desa, nagari dan kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat dan daya saing.

"Lomba ini untuk mengetahui capaian desa, nagari dan kelurahan dalam satu tahun, serta upaya mendorong desa, nagari dan kelurahan menggali dan memanfaatkan potensi yang ada. Kegiatan ini juga memiliki unsur pembinaan," kata Kadis PMD yang disampaikan Desrianto Boy.

Karena lomba dilaksanakan pasca Covid-19 yang merontokkan sendi-sendi ekonomi, maka tema yang diusung adalah bagaimana desa, nagari dan kelurahan bangkit secara ekonomi yaitu "Desa/Nagari dan Kelurahan Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh".

Penilaian desa, nagari dan kelurahan ini dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan regional. Tahap penilaian ke Nagari Taratak Sungai Lundang ini adalah untuk mendengarkan paparan Wali Nagari, konfirmasi data dan cek lapangan, sehingga akan diperoleh satu desa/nagari serta satu kelurahan menjadi juara yang akan mewakili Sumbar ke tingkat regional nantinya.

Salah seorang Tim Penilai adalah Drs. H. Syafrizal Ucok, MM mengatakan bahwa lomba ini selain melihat pencapaian pembangunan, juga pembinaan, motivasi sekaligus juga apresiasi terhadap pelaksanaan pembangunan di desa, nagari dan kelurahan Sumbar dibawah kepemimpinan Gubernur Buya Mahyeldi dan Wagub Audy Joinaldi. 

"Kita bangga ternyata banyak desa, nagari dan kelurahan di Sumbar mampu bangkit dari pandemi Covid-19 dengan kerja keras dan inovasi masing-masing. Hasil positif inilah yang harus kita bina dan dorong terus," kata Syafrizal Ucok lagi.

Tim Penilai Lomba Desa Nagari dan Kelurahan Berprestasi 2022 ini terdiri dari Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH sebagai penanggungjawab. Kemudian Desrianto Boy, S.Pd.M.Si (Kabid Pemnag PMD), Drs. H. Syafrizal Ucok, MM (Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan), Retma Nency, S.STP (PSM Ahli Muda), Drs. Aristo Munandar, MM (Pamong Senior), Dr. Sadrianto, M.Pd (Sekretaris Dinas Pendidikan Sumbar), Firdaus, SH (Sekretaris Badan Kesbangpol), Hafrizal, SKM.M.Kes (Dinas Kesehatan), Nuzurwan Erixon, S.IP.,M.Si (Biro Pemerintahan), Irwandi Walis, S.Sos (LPM Sumbar), Dra. Hendrawati Roza, M.Si (Tim Penggerak PKK), Ir. Effi Zulfia Naros (PSM Ahli Muda PMD) dan Firmanto, SIP (PSM Ahli Muda PMD). Tim Penilai dibantu sekretariat Airassandi Vinika, S.STP dan Mettrawati, SE. (Gk)