Tingkatkan Hasil Budidaya Ikan Melalui Teknologi Nano Bubble

Tingkatkan Hasil Budidaya Ikan Melalui Teknologi Nano Bubble

Berita OPD Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 04 Juli 2022 17:28:15 WIB


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Dr. Ir. Desniarti, MM membuka acara Sosialisasi Teknologi Nano Bubble di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sumbar, Senin (4/07/2022).

Acara ini disampaikan oleh  Tim dari BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) yang dihadiri oleh peserta dari 19 Dinas Kab/kota serta pelaku usaha tambak udang di daerah pesisir Sumatera Barat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Tim dari Nano Center Indonesia telah meluangkan waktu untuk terlaksananya acara ini, semoga melalui acara ini dapat meningkatkan PAD Sumbar dan Ekonomi masyarakat” ungkap Kadis DKP Sumbar dalam sambutannya.

Keberhasilan budidaya perikanan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu yang utama adalah kualitas air dengan oksigen terlarut sebagai indikator. Keberadaan oksigen dapat memengaruhi produktivitas biota air karena diperlukan untuk respirasi.

Biota air menggunakan oksigen terlarut untuk menentukan lingkaran aktivitas, laju pertumbuhan, pembakaran makanan dan reproduksi. Oksigen yang baik untuk budidaya perikanan memiliki konsentrasi berkisar antara 5-7 ppm.

Teknologi gelembung halus “Nano Bubble” diklaim mampu meningkatkan pertumbuhan ikan hingga 40 persen dari bobot biasa. Teknologi Nano Bubble untuk perikanan bisa mempercepat pertumbuhan ikan sampai 40 persen.