Expose Program Forikan Kab/Kota Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Expose Program Forikan Kab/Kota Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Berita OPD Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 07 Juli 2022 22:47:53 WIB


Kepala Dinas  Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Dr. Ir. Desniarti, MM membuka Kegiatan Expose Program Forikan Kab/Kota se Sumatera Barat di Hotel Axana Padang yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua Forikan Provinsi Sumatera Barat Ny.Lina Hansastri, Rabu (6/07/2022).

Kegiatan expose program Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan)  Kab/Kota merupakan rangkaian kegiatan Lomba Penilaian Program Forikan Kab/Kota.

Kegiatan ini bertujuan guna menyamakan program forikan provinsi dan kab./kota, memperluas pembinaan Forikan sampai ke tingkat kab kota, kecamatan, kelurahan dan nagari serta meningkatkan konsumsi ikan di Sumatera Barat dalam  upaya membumikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

”Dalam upaya menyehatkan dan mencerdaskan masyarakat dengan mengkonsumsi ikan melalui Gemarikan ini tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab Pemerintah semata, namun juga menjadi tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat” ujar Kadis KP Sumbar.

Konsumsi ikan yang meningkat akan memberikan multiflier effect terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Di hilir akan meningkatkan permintaan terhadap ikan sehingga  berkembang usaha perikanan baik budidaya, tangkap dan pengolahan.

Tentunya dengan berkembangnya usaha perikanan maka harga produk perikanan akan stabil,  menyerap banyak tenaga kerja dan tumbuh industri-industri dan usaha penunjang lainnya.

Selanjutnya dalam jangka panjang konsumsi ikan yang meningkat akan melahirkan generasi yang cerdas dan sehat yang  diharapkan dapat berkontribusi terhadap kemajuan bangsa. Makan Ikan Tubuh Sehat Kuat dan Cerdas.