UPTD BPBALP DKP Sumbar Jadi Rujukan PT dalam Menunjang Program Pendidikannya

UPTD BPBALP DKP Sumbar Jadi Rujukan PT dalam Menunjang Program Pendidikannya

Berita OPD Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 07 Juli 2022 23:25:14 WIB


UPTD Balai Perikanan Budidaya Air Laut dan Payau (BPBALP) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu UPTD yang sering dijadikan rujukan bagi Perguruan Tinggi dalam menunjang program pendidikannya seperti pratikum, praktek lapangan dan magang.

Kasi standarisasi dan informasi Balai Perikanan Budidaya Air Laut dan Payau (BPBALP) Instalasi Sungai Nipah Yunizar, S.Pi mewakili Ka. UPTD BPBALP menerima kunjungan dari Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta Ir. Arlius, M. S. Ph.d serta  Dosen dan Mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan dalam rangka praktikum mata kuliah Manajemen Marikultur. (Kamis, 7/07/2022).

Pratikum tersebut dilaksanakan dari Balai Instalasi BPBALP, dan dilanjutkan ke Keramba Jaring Apung (KJA) kelompok Harapan Baru, yang diketuai oleh Joniwar di Sungai Nipah Kab. Pesisir Selatan.

Kunjungan ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan kualitas air budidaya di KJA Sungai Nipah.

Pengujian kualitas air dilakukan beberapa parameter yaitu suhu, pH, DO, kedalaman, kecerahan, substrat perairan dan salinitas. Pengujian kualitas air ini bermanfaat untuk pengelolaan KJA di Sungai Nipah.

“Kami sangat senang dan berterima kasih dengan kunjungan Civitas Akademika UBH  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ke  Instalasi Sungai Nipah ini dan membuka peluang bagi Fakultas Perikanan Universitas Bung Hatta atau Perguruan Tinggi lainnya apabila ingin melakukan pratikum di UPTD BPBALP” ujar Yunizar.

Hasil dari pratikum ini nantinya akan diberikan juga ke UPTD BPBALP Instalasi Sungai Nipah dan tentunya bermanfaat bagi Instalasi Sungai Nipah dan perikanan budidaya masyarakat yang ada di Sungai Nipah.