TMMD ke-114 Tanah Datar Ditutup, Berhasil Buka Jalan 4.100 Meter  

TMMD ke-114 Tanah Datar Ditutup, Berhasil Buka Jalan 4.100 Meter  

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 26 Agustus 2022 19:54:08 WIB


Tanah Datar, Agustus

Ditandai dengan pemukulan gong oleh Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Purmanto, kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-114 Kabupaten Tanah Datar resmi ditutup di lapangan Pincuran Ampaleh, Jorong Cubadak Randah, Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara, Rabu (24/8/2022). 

Danrem didampingi Gubernur Sumbar yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH., Bupati Tanah Datar Eka Putra, Kasi Ter Korem 032Wirabraja Kolonel Kav Nanang Siswoko, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Dandim 0307 Tanah Datar sekaligus Dansatgas TMMD ke-114 Letkol Czi Sutrisno, Forkopimda Tanah Datar dan tokoh-tokoh masyarakat.

Sambutan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) selaku penanggungjawab operasional TMMD yang dibacakan Danrem Brigjen TNI Purmanto, bahwa TMMD menjadi momentum meningkatkan kebersamaan, gotong royong dan kemanunggalan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama rakyat dalam mengakselerasi program Pemerintah Daerah. Tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Terima kasih kepada seluruh personil TNI dan masyarakat serta pihak lainnya yang sebulan penuh telah menyukseskan pelaksanaan TMMD baik secara moril ataupun materil dalam mempercepat pembangunan di wilayah,” kata Danrem Brigjen TNI Purmanto.

Dikatakannya lagi, pelaksanaan TMMD di Wilayah Kodim 0307 Tanah Datar berjalan lancar, karena telah mampu membuka jalan baru sepanjang 4.100 meter dengan lebar 6 meter, irigasi 200 meter, pembangunan 3 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan penanaman 1.000 pohon serta beberapa kegiatan non fisik seperti penyuluhan bela negara, pencegahan stunting dan penyuluhan hukum.

Hal sama disampaikan Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Czi Sutrisno yang mengatakan, berkat dukungan pemerintah daerah dan kerjasama masyarakat bersama TNI, Polri dan OPD lainnya, semua rencana program kegiatan semuanya mencapai hasil 100% selesai. 

“Alhamdulilah, setelah sebulan penuh pelaksanaan program yang direncanakan semuanya berhasil dilaksanakan sesuai dengan rencana dan tuntas 100 persen," kata Dansatgas TMMD ke-114 Letkol CZI Sutrisno.

Ucapan terima kasih atas suksesnya TMMD ke-114 di Nagari Batu Bulek Lintau disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, S.E.,M.M kepada seluruh jajaran TNI, OPD, dan semua masyarakat yang terlibat dalam kegiatan TMMD ke-114.

“Saya sebagai kepala daerah bersama seluruh masyarakat Tanah Datar mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada TNI, beliau-beliau ini menganggarkan Rp500 juta kemudian ditambah tenaga, ini sangat luar biasa sehingga wilayah kami yang sebelumnya belum ada jalan, sekarang jalan udah terbuka, ini sangat bermanfaat,” ujar Bupati Eka Putra.

Sementara itu, Gubernur Sumbar yang diwakili Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH menjawab pertanyaan wartawan, mengatakan bahwa Pemprov Sumbar selalu mendukung penuh setiap pelaksanaan TMMD, karena terbukti dapat membantu daerah dalam membuka akses nagari atau jorong yang masih terisolir. 

Support dari Pemprov Sumbar itu dilakukan dengan mengkordinasikan bantuan dari OPD, BUMN dan BUMD, baik bantuan berupa materi atau pun bantuan dalam bentuk program yang dilaksanakan di lokasi TMMD. 

"Dalam TMMD ke-114 ini Pemprov Sumbar melalui Dinas PMD mengkordinir penyaluran bantuan untuk mendukung TMMD. Alhamdulillah seluruhnya berjalan sesuai dengan rencana," kata Amasrul, SH. (GK)