KAN LUBUK SIKARAH KOTA SOLOK BERPRESTASI DINILAI TINGKAT PROVINSI

KAN LUBUK SIKARAH KOTA SOLOK BERPRESTASI DINILAI TINGKAT PROVINSI

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 13 September 2022 06:24:59 WIB


Wali Kota Solok Zul Elfian SH MSi Dt Tianso sambut tim penilai KAN tingkat Provinsi Sumatera Barat, di Kantor KAN Lubuak Sikarah, Senen pagi, 12/9. 

Tim turun, menilai KAN Lubuk Sikarah, yang berprestasi diusul Pemko Solok untuk dinilai di tingkat Provinsi. 

Wali Kota Solok dalam sambutannya, menyebut bangga dengan ninik mamak Nagari Lubuk Sikarah yang selalu bermusyawarah dalam mengambil mufakat.

Bahkan kata Wali Kota, tiga organisasi adat, KAN,  LKAAM dan Bundo Kanduang di Kota Solok kompak dengan Pemko. Bergandengan tangan dalam memajukan kebudayaan dan adat nagari Lubuk Sikarah sebagai keseluruhan wilayah Kota Solok, kata Wako.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), diwakili Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Adat Qwarti Evari Hamdiana, memberikan apresiasi KAN Lubuk Sikarah sebagai berprestasi di Kota Solok dinilai untuk tingkat Provinsi. Pastilah berharap mendat prestasi terbaik.

Namun untuk meraih prestasi KAN terbaik di tingkat Sumatera Barat itu, tentukah harus mampu mengekspos program dan pelaksanaan dan prestasinya kepada tim penilai, kata bu Eva, panggilan akrab Kabid KMA DPMD Sumbar itu, disambut tepuk tangan hadirin.

Tim Penilai KAN Tingkat Provinsi Sumbar, ialah: Ketua Kadis DPMD Amasrul, Kabid KMA DPMD Qwarti Evari Hamdiana, Yang Dipertuan Gadih Puti Reno Istana Silinduang Bulan Raudha Thaib Ketua Umum DPP Bundo Kanduang, YY Dt Rajo Bagindo/ Tim Konsolidasi Kelembagaan Adat Provinsi Sumatera Barat Yuzirwan Rasyid Dt.Gajah Tongga/ Bakor KAN Sumbar. Zaitul Ikhlas Saad Rajo Intan Tim Konsolidasi Kelembagaan Adat Provinsi dan Akral Sinaro Mangkuto pewaris rajo Sasak sebagai Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat DPMD Provinsi Sumbar.

Tim Penilai KAN Tingkat Provinsi Sumatera Barat, dalam menilai, dari 4 aspek. Empat aspek itu, Kelembagaan KAN, penyelenggaraan adat, kompetensi dan kerjasama antar lembaga KAN.

KAN yan dinilai untuk tahun 2022 ini adalah 6 KAN. Enam KAN itu adalah KAN Lubuk Sikarah/ Kota Solok dinilai Senen pagi, besok selasa tengah hari KAN Ujung Gading/ Kabupaten Pasaman Barat. Menyusul hari berikutnya sudah terjadwal KAN Lubuk Gadang/ Kabupaten Pasaman, KAN Padang Tarok/ Kabupaten Agam, KAN Andaleh/ Kabupaten 50 Kota dan KAN Limau Manih/ Kota Padang.

Dalam penilaian KAN Lubuk Sikarah Senen pagi hadir Limbago Adat Datuk nan sembilan dan Penghulu nan duo baleh, serta pengurus KAN lainnya. Hadir pula Kadis Pariwisata Elvy Basri serta tokok masyarakat di samping Forkopim Kota Solok.

Juga hadir dan memberi sambutan Ketua LKAAM Kota Solok disusul presentasi Ketua KAN periode 20212026 Ediwarman Imam Marajo Malin Batuah Tenggang Basa Dt. Rajo Alam.

Dalam penjelasan Ketua Dt. Rajo Alam,  mengurai perkembangan KAN Lubuk Sikarah. Disebutnya, sepeti juga disebut Ketua LKAAM, Wali Kota cukup memfasilitasi. Gedung Kantor KAN dibangun oleh Pemko dan dikasih mobil operasional. Juga dipasilitasi sama, LKAAM dan Bundo Kanduang. Gedung Kantor KAN yang megah ini katanya dimanfaatkan tiga organisasi adat KAN, LKAAM dan Bundo Kanduang Kota Solok, kata Dt Rajo Alam.*** ( YY.Dt.R.Bgd)