DKP adakan Sosialisasi guna Menjamin Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan

DKP adakan Sosialisasi guna Menjamin Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan

Berita OPD Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 29 September 2022 01:08:18 WIB


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Resi Suriati, S.Pi. M.Si membuka acara Sosialisasi Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan di Kab. Padang Pariaman, (28/09/2022).

 

 

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta tentang Mutu dan keamanan serta bahaya pemakaian Bahan berbahaya seperti formalin sebagai pengawet ikan, sehingga masyarakat bisa aman dalam mengkonsumsi ikan, agar konsumsi ikan perkapita pertahun dapat meningkat serta juga dapat menurunkan stunting.

 

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Pedagang ikan, Pengolah serta Ibu-ibu PKK dengan jumlah peserta sebanyak 25 Orang. Juga berkesempatan hadir ketua PKK dan Forikan Kab. Padang Pariaman (Yusrita Suhatri Bur) yang memberikan pengarahan tentang pentingnya mutu dan keamanan produk hasil perikanan.

 

 

Pada acara ini ada beberapa materi yang diberikan oleh para Narasumber dari berbagai instansi terkait, yaitu Kepala Dinas Perikanan Kab. Padang Pariaman, Sekretaris DKP Prov. Sumbar, Kepala PPMHP serta Kasi Pengujian dan Penerapan UPTD PPMHP.

 

‘Pentingnya mutu dan keamanan produk perikanan yang harus diperhatikan dari hulu sampai hilir, dari mulai penangkapan, pengolahan dan distribusi dan tidak memakai bahan kimia berbahaya seperti formalin karena akan berdampak terhadap kesehatan manusia’ ungkap Sekdis DKP dalam sambutannya.

 

 

Sosialisasi Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan ini telah dilaksanakan di Kab. Solok Selatan, Kab. 50 Kota dan juga anggaran perubahan disulkan untuk dilaksanakan di Kab. Pasaman Barat dan Kab. Sijunjung.